Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan di SMK N 4 Pekanbaru

Authors

  • Edi Slamat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Tuti Andriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Alimuddin Hassan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kemampuan manajerial Kepala Sekolah SMK N 4 Kota Pekanbaru pada jurusan KKKR. Sub Fokus penelitian adalah pada Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Pengembangan Jurusan Kkkr, Imlementasi Kemampuan Manajerial  Kepala SMK N 4 Kota Pekanbaru. Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui Keterampilan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah SMK N 4 Pekanbaru; 2) Untuk mengetahui Pengembangan Jurusan di SMKN 4 Pekanbaru dan Untuk mengetahui Imlementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah SMKN 4 Pekanbaru. Kesimpulan penelitian ini adalah, Kemampuan Manajerial Kepala SMK Negeri. Belum begitu baik, Pengembangan Jurusan Kkkr dan Imlementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah sudah baik.

References

Ahmad, S. (2003). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Anton, M. M. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Anwar, M.I. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2006). Peningkatan Mutu Kepala Sekolah. Bandung: Rosda Karya Press.

Atmodiwino, S. (2004). Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Ardadiliziya

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Boddan, R.C & Biklen. (1982). Qualitativ Resech For Education on Introductionto diery and Methods. Qostoa: AUyn dan Bocon Inc

Chusni, M. M. (2017). Pengaruh kemampuan dasar matematika dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar IPA/Fisika pada peserta didik kelas VII SMP Muhamadiyah Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Apliksinya, 9(1).

Danim & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Trasnpormasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto, M. (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ermis Weli, E. (2019). Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mukomuko (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Fattah. (1999). Landasan Manajemen Pendidikan Remaja. Bandung : Rosda Karya.

Gitosudarno. (1990). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalis Indonesia.

Handoko, R. (1994). Organisasi Perusahan Teori Struktur dan Perilaku. Yogyakarta: BPDE

Handoko, T. M. (1995). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandar, J. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Kosasi, S.R. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maimun, A & Fitri, A.Z. (2010). Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN MALIKI PRESS

Manca, W. (2004). Etnografi Desain Penelitian Kuallitatif, dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media

Martoyo. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Masoang & Ansar. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Teori Model dan Implementsi Sekolah Dasar. Gorontalo: Nurul Janah

Moleong, L. J. (2003). Metode penelitian kualitatif. edition indonesia language. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2001). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nawawi, H. (1982). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Pidata, M. (2014). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W. J. S. (2006). Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priansa, D.J. (2020). Manajemen Kinerja Sekolah. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Rahman, N. (2006). Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i & Murni, S. (2009). Education, Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Rizqina, Z. A., Adam, M., & Chan, S. (2017). Pengaruh budaya kerja, kemampuan, dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja pegawai serta dampaknya terhadap kinerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Jurnal Magister Manajemen, 1(1), 59-69.

Sahertian, P.A. (1994). Profil Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Andi Offiset.

Sari, R. N., & Hamid, A. (2016). Kontribusi Kemampuan Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(2), 10-16.

Siagian. (2002). Kiat Manajemen Pendidikan Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswanto, H. B. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. (1995). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Terras.

Sumidjo, W. (2003). Keepemimpin Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suparlan. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka. Cipta.

Surayin. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Sykur NC, F. (2011). Manajemen Pendidikan. Semarang: Pustaka Rizky Putra.

Toha, M. (1999). Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendidikan Prilaku. Jakarta: PT. Grafindo

Undang-Undang Nomor 20 Tahun, 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: CitraUmbara.

Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Persada.

Wahyudi. (2004). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Poentianak: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-14