Pemberdayaan Komite Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen berbasis Madrasah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Kecamatan Bathin Solapan

Authors

  • Mariani Mariani
  • Zaitun Zaitun
  • Sohiron Sohiron

Abstract

implementasi Manajemen Berbasis Madrasah akan berlangsung secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional. Komite madrasah adalah suatu lembaga yang perlu dibentuk dalam rangka pelaksanaan Manajeman Berbasis Madrasah (MBM). Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Bathin Solapan telah membentuk komite madrasah sebagai mitra kerja kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan komite madrasah dalam pelaksanaan manajemen berbasis madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Kecamatan Bathin Solapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yakni metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Komite Madrasah MI Kecamatan Bathin Solapan Bangkalis telah menjalankan perannya sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol (controlling agency) dan peran Komite Madrasah sebagai Mediator dengan baik. Pelaksanaan manajemen berbasis madrasah di MI Kecamatan Bathin Solapan dianggap sudah cukup baik. Komite Madrasah sudah cukup berperan di Madrasah, namun belum optimal. Hal ini dikarenakan peran madrasah tersebut hanya memenuhi 6 dari 8 Standar Mutu Pendidikan. Upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasi hal ini adalah Komite Madrasah dapat membentuk tim kerja yang terdiri dari anggota komite dan tenaga pendidik untuk mengevaluasi kinerja madrasah dan merumuskan rencana aksi perbaikan.

Author Biographies

Mariani Mariani

Zaitun Zaitun

Sohiron Sohiron

References

Ansori AH, Pentingnya Manajemen Berbasis Madrasah/Madrasah dalam Kepemimpinan Madrasah/Madrasah Efektif, Jurnal Tarbawi, Vol. 2 No. 1, 2016, hlm. 27.

Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Depag RI, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, 2005, hlm. 24.

Departemen Agama RI, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta, 2003, hlm. 5

Hamid, Manajemen Berbasis Madrasah, Al-Khawarizmi, Vol. 1, 2013, hlm. 87.

Ismanto' H, Murtafi' ah NH, Lestari S, Implementasi Peran Komite Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Bakauheni Lampung Selatan, Unisan Jurnal, Vol. 01 No. 01, 2022, hlm. 491-501.

Nasyirwan, Pencapaian 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Lulusan, Manajer Pendidikan, Vol. 9, Nomor 6, 2015, hlm. 724-736.

Ramli, Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, Vol 3 No.1, 2021, hlm. 147-163.

Sanjani MA, Implementasi Model Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada Madrasah Tsanawiyah Swasta TPITanjung Putus, Jurnal IANSIRU PAI, Vo. 3 No. 1, Januari-Juni 2018. Hlm. 103-113.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles