Pola Pendidikan Nabi Muhammad Saw dalam Hadist
Abstract
Pola pendidikan Islam Rasulullah SAW sejalan dengan tahapan-tahapan dakwah yang disampaikan kepada kaum Quraisy melalui tiga tahapan, yaitu pendidikan secara rahasia dan perorangan, pendidikan secara terbuka dan terang-terangan serta pendidikan yang dilakukan secara meluas. Pendidikan fase Mekkah dan Madinah memiliki persamaan dan perbedaan, fase Mekkah ada dua lembaga pendidikan yakni rumah Arqam dan Kuttab, sedangkan Madinah lembaga pendidikan rumah para sahabat dan masjid yang multifungsi. Tujuan dari kajian ini adalah membahas tentang pola pendidikan Nabi Muhammad SAW dalam Hadist. Kajian ini merupakan studi pustaka dengan data yang diperoleh melalui dokumen buku dan artikel yang relevan. Data yang telah diambil kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.References
Al-Mubarakfury, S.R. (2000). Sirah Nabawiyah, Cet.9. Jakarta: Al-Kautsar.
Arief, A. (Ed.). (2005). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam klasik. Bandung: Angkasa.
Arifin, HM. (1991). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Buku Hayatush Shahabah Karya Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahwali, Kisah Kehidupan Para Sahabat Rasul.
Haekal. (1972). Sejarah Hidup Muhammad, Terj. Ali Audah, Jakarta: Tintamas.
Mukhlis, A. (2020). Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah Fase Mekkah dan Madinah. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 15(2), 84-97.
Najmuddin, M. A. (2015). Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasulullah di Mekkah dan Madinah. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 13(3), 149991.
Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.
Soekarno & Supardi, A. (1990). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Cet.2; Bandung: Angkasa Bandung.
Zuhairin. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.