PENDAMPINGAN BAGI ORANG TUA MENJADI PENDIDIK TANGGUH UNTUK ANAK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMIC COVID 19
Abstract
This service aims to provide assistance to parents as educators for children during distance learning (online). The target group for the service activities are parents of students at MTs Foundation Darel Fadhilah Pekanbaru who have voluntarily participated in group guidance. The stages of mentoring activities that have been carried out include 1) preparation of materials, and media, as well as personnel involved in mentoring, 2) Design of assistance products that have been produced in the form of materials, media, schedule and arrangement of mentoring activities and responsible personnel. Some of the problems that have been discussed in this activity are 1) Children use cellphones more to play than study, 2) Parents find it difficult to provide assistance due to reduced manners due to playing cellphones, 3) Broken home family communication problems between parents and children (live separately), 4) The problem of quiet children, difficult to socialize with other people. The last activity that has been carried out is by interviewing participants, and having done a written evaluation. The results of the interviews showed that the members felt the benefits in the form of new insights and knowledge about mentoring children during distance learning.
References
Brooks, S. K., Webster, R. K., Smith, L. E., Woodland, L., Wessely, S., Greenberg, N., & Rubin, G. J. (2020). The Psychological Impact of Quarantine and How to Reduce it: Rapid Review of the Evidence. The Lancet. DOI: 10.1016/ S0140-6736(20)30460-8
Conversano, C. (2019). Psychological Common Factors in Chronic Diseases. Frontiers in Psychology, 10, 2727. DOI: 10.3389/fpsyg.2019.02727
Isniatun Munawaroh. (2005). Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran No.2 Vol 1 Oktober 2005.
Kann, Rafi (2020). COVID-19 Pandemic: Looking in the Mind of Students During Lockdown. Purakala UGC Care Journal. Vol.31 Issue 23 May 2020. https://www.researchgate.net/ publication/341509065_COVID19_Pandemic_Looking_in_the_mind_of_students_during_lockdown
Keegan, D. (1995). Foundation of Distance Education (2nd Ed.), London: Routledge.
Lilis Karwati, dkk, Pendampingan Orang Tua Pada Anak Pengguna Gawai di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah PTK PNF, Vol. 15, No. 1, Juni 2020, h. 33
Martino, G., Langher, V., Cazzato, V., & Vicario, C. M. (2019). Psychological Factors as Determinants of Medical Conditions. Frontiers in psychology, 10, 2502. DOI: 10.3389/fpsyg.2019.02502
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Ofri D. (2009). The Emotional Epidemiology of H1N1 Influenza Vaccination. N Engl J Med., 36(27): 2594-5. DOI: 10.1056/ NEJMp0911047
Sarafino, E.P. dan Smith, T.W. (2011). Health Psychology: Bio Psychosocial Interaction. New York: John Willey dan Sans Inc
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini..
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan
Hak Cipta
Agar Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah pengabdian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan pengabdian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.