PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU
Abstract
This community service is carried out in the form of training. This training aims to improve teacher competence in using the Geogebra application for mathematics learning. This training used a participatory action research approach. the training was conducted online and attended by 19 mathematics teachers in Pekanbaru. during the training participants showed a positive response and enthusiasm for developing interesting learning media using Geogebra software
References
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, H. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430–435. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4776
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., & Rahman, S. A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kememnterian Agama RI.
Dewi, S. C., & Slamet, H. W. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga Dan Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajar 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fayeldi, T., & Suwanti, V. (2019). Pelatihan pemanfaatan Maple pada materi fungsi untuk siswa SMA. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 59–63. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3324
Hidayat, A. (2021). Peran Seorang Guru terhadap Inovasi Pendidikan di Era Modern. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–6.
Nurdiana, A., & Hasanudin, C. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro Tema, 427–434.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Ramadhani, & Harahap, J. Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMP Swasta Adetia. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2020, (20), 252–257.
Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA.
Zaswita, H. (2022). Pengenalan Bassic English Vocabularies With Pictures Media Kepada Siswa Kelas V SDN 137/III Koto Salak. Community Service Journal Of Economic Education, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini..
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan
Hak Cipta
Agar Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah pengabdian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan pengabdian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.