Pelatihan Pemasaran Digital pada UMKM dengan Memanfaatkan TikTok Shop Sebagai Wirausaha Kreatif

Authors

  • Indah Wati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
  • Yulia Novita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Ristiliana Ristiliana
  • Salmiah Salmiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Ghefira Farisa

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Pemasaran Digital pada UMKM dengan Memanfaatkan TikTok Shop Sebagai Wirausaha Kreatif di Pekanbaru. Proses pemecahan masalah dilakukan melalui metode PAR 4 tahapan untuk setiap siklusnya yaitu perencanaan (Plan action), tindakan (Take Action), pengamatan (observe) dan Refleksi (Reflection). Pelatihan ini diikuti oleh 22 peserta UMKM yang tersebar di Panam, Pekanbaru. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman UMKM sebelum dilakukan pelatihan pemasaran digital dalam memasarkan produk sebesar 62,34%, sedangkan kemampuan memanfaatkan Fitur Tiktok dalam memaksimalkan pemasaran yang menarik dan efektif bagi UMKM sebesar 32,73%. Adanya peningkatan kemampuan pemasaran digital pada UMKM dengan memanfaatkan platform tiktok sebagai wirausaha kreatif setelah mengikuti pelatihan sudah mengenal pemasaran, hal ini terlihat dari hasil uji T-Paired yang telah dilakukan menggunakan SPSS di atas, diketahui bahwa nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05). Adanya respon positif peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan pemasaran digital dengan memanfaatkan platform tiktok yang ditunjukkan melalui kepuasan, antuasisme, pengalaman, peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan platform tiktok lebih maksimal untuk pemasaran digital produk UMKMnya.

Author Biographies

Indah Wati, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

UIN Suska Riau

Yulia Novita, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

-

Ristiliana Ristiliana

-

Salmiah Salmiah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

-

Ghefira Farisa

-

References

Azhari, S. and Ardiansah, I. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez)’, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(1), p. 26. Available at: https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284.

Bahri, A. et al. (2023) ‘The Effect of Entrepreneurship Learning and Motivation on Entrepreneurial Interest: The Role of Creativity as an Intervening Variable’, Pinisi Journal of Entrepreneurship Review, 1(3), pp. 147–158. Available at: https://doi.org/10.62794/pjer.v1i3.1075.

Dewa, C.B. and Safitri, L.A. (2021) ‘Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie)’, Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), pp. 65–71. Available at: https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.

KOMINFO (2023) No Title. Available at: https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media.

Statiska (2023) No Title, Kompas.com. Available at: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna-tiktok-di-indonesia-tembus-113-juta-terbesar-kedua-di-dunia#google_vignette.

Yani, O. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi’, Hospitality , 11(1), pp. 291–296. Available at: http://stp-mataram.e-journal.id/JHI.

Yuangga, K.D. (2023) ‘Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), pp. 4507–4517. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410.

Zayyan, S. and Saino (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan’, Jurnal Manajemen, Vol 13(No 2), pp. 282–291.

Augustinah, F dan Widayati. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2 September 2019.

A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus. Horiz., vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010.

B. Lucyantoro and M. Rachmansyah, “Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya),” J. Ekon. ’45, vol. 5, no. 1, 2018.

Coltman, T. (2007). Why build a customer relationship management capability? The Journal of Strategic Information System, 16(3), 301–320.

Fortuna, C. D. H. (2022). Tiktok as social media marketing and the impact on purchase decisions. Marketing Management Studies, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/mms.v2i2.305

Forum, W. E. (2014). 12 Characteristics of Future Media. World Economic Forum.

Hayati, C. S., & Sudradjat, R. H. (2022). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3).

Jenny N.C., Steven Set Xaverius Tumbelaka, dan Stanny Sicilia Rawung (2023). Wirausaha Kreatif. Kemenkuham RI: Jawa Barat.

Kannan, P. ., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Kaplan, .M dan Haenlein, M. (2010). Users of the world, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.

Merril, T., Latham, K. Santalesa R, Navetta, D.2011. Social Media : The Business Benefit May Be Enermous, But Can The Risks Reputation, Legal, Operational Bemitigated Information Law Group.

M. Rafhdian, A. Daengs GS, and A. F. Hasan, “Brand Equity on Brand Image of Tourism Object in Surabaya,” 2nd Int. Multidiscip. Conf. 2016 Novemb. 15th , 2016, Univ. Muhammadiyah Jakarta, Indones., vol. 1, no. 1, pp. 287–293, 2016.

M. Rafhdian, A. Daengs GS, and A. F. Hasan, “Brand Equity on Brand Image of Tourism Object in Surabaya,” 2nd Int. Multidiscip. Conf. 2016 Novemb. 15th , 2016, Univ. Muhammadiyah Jakarta, Indones., vol. 1, no. 1, pp. 287–293, 2016.

Rosiyana, R. N., Agustin, M., Iskandar, I. K., & Luckyardi, S. (2021). A NEW DIGITAL MARKETING AREA FOR E-COMMERCE BUSINESS. INTERNATIONAL JOURNAL OF RESEARCH And APPLIED TECHNOLOGY (INJURATECH), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i2.6765

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Williams, K. (2020). TikTok Was Installed More Than 738 Million Times in 2019, 44% of Its All-Time Downloads. Sensor Tower Store Intelligence.

Downloads

Published

2025-06-01