PENDAMPINGAN EKSTRAKURIKULER PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA TIMBUL DI SDN 113 PEKANBARU
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran geografi melalui media pembelajaran peta timbul. Pelaksanaan dilakukan di SDN 113 Pekanbaru dengan metode pelatihan dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan peta timbul dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep spasial serta meningkatkan minat belajar mereka. Selain itu, guru memperoleh keterampilan baru dalam mengembangkan media pembelajaran yang kreatif. Artikel ini membahas manfaat, tantangan, serta dampak penggunaan media peta timbul dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peta Timbul, Pembelajaran Geografi
References
Agus Suprijono. (2009). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Pustaka Pelajar.
Angkowo, I. (2007). Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Kencana.
AECT (Association of Education and Communication Technology). (1977). Handbook of Instructional Technology. Washington, D.C.: AECT.
Gagne, R. M. (dalam Angkowo, 2007). The Conditions of Learning. Holt, Rinehart & Winston.
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J. D. (dalam Angkowo, 2007). Instructional Media and Technologies for Learning. Pearson.
Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Pembelajaran dan Pengajaran: Teori dan Praktik. Prenadamedia Group.
Rahmawati, M., & Dewi, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 112-123.
Sukaetin, A., Kurniasari, R., & Setiawan, M. (2022). Penggunaan Media Peta Timbul Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 12(2), 98-108.
Umami, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Peta Dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 61 Bengkulu Tengah. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 10(3), 145-155.
Wicaksono, H. (2016). Pengembangan Perangkat Media Audio-Peta Timbul (PERADIOTIM) Materi Bentuk Muka Bumi bagi Siswa Tunanetra MTsLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 203-215.
Tim Penyusun Kamus. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Trisnaningsih, S. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 6(1), 45-56.
Undang-Undang Dasar 1945 (amandemen). Pasal 31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini..
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan
Hak Cipta
Agar Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan naskah pengabdian, kami membutuhkan hak penerbitan. Hal ini ditentukan oleh perjanjian penerbitan antara penulis dan Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang. Perjanjian penerbitan ini berkaitan dengan pengalihan atau lisensi hak cipta ke Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang dan penulis memiliki hak yang signifikan untuk menggunakan dan membagikan artikel mereka yang telah diterbitkan. Untuk naskah yang diserahkan, Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang diberikan hak sebagai berikut:
- Hak untuk menyediakan manuskrip dalam segala bentuk dan media, sehingga dapat digunakan pada isu-isu selanjutnya.
- Kewenangan untuk menegakkan hak dalam naskah, atas nama penulis, misalnya dalam kasus plagiarisme atau dalam pelanggaran hak cipta.
Hak Cipta Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang juga untuk melindungi cara tertentu dari naskah yang telah ditulis untuk mendeskripsikan percobaan dan hasil. Jurnal Pengabdian Gemilang & Terbilang berjanji kepada penulisnya untuk melindungi dan mempertahankan pengabdian mereka dan menerima tuduhan pelanggaran, plagiarisme, sengketa etika, dan penipuan. Selain itu, ini berarti bahwa manuskrip Anda dapat menjamin atribusi pekerjaan Anda, dengan memastikan Anda diidentifikasi sebagai penulisnya, dan Anda dapat bertindak sebagai pengurus catatan akademis pada penelitian Anda.