Perbandingan Stress Akademik Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Ketergantungan E-Learning dalam Penerapan Kurikulum Mardeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.14561

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran stress akademik mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran dalam jaringan pada masa wabah virus covid-19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Riau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Hal ini untuk meningkatkan tingkat kerpercayaan  pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini dapat diambil 11% dari jumlah populasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari responden melalui google form.

Author Biographies

Donal Donal, Universitas Riau

Dosen

Raja Arlizon, Universitas Riau

Mhd Subhan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Munawir Munawir, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

References

Andreasen. N. C and Black. D. W, 2001, Introductory Textbook Of Psychiatry. 3rd ed. British Library, USA, Hal. 335-342

Andiarna, Funsu & Kusumawati, Estri. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Psikologi, 16 (2), 139-149. DOI: 10.24014/jp.v16i2.10395

Barseli, Mufadhal. dkk. (2020). Stress Akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5 (2), 95-99.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Chambel, M. J., & Curral, L. (2005). Stress in academic life: Work characteristics as predictors of student well‐being and performance. Applied Psychology, 54(1), 135-147. doi: 10.1111/j.1464-0597.2005. 00200.x.

CNBC Indonesia. 2021. “Sah! Kasus Aktif Covid-19 RI Tertinggi di Asia, Lampaui India”. (https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210202150355-37-220497/sah-kasus-aktif-covid-19-ri-tertinggi-di-asia-lampaui-india, diakses 27 Maret 2021)

CNN Indonesia. 2021. “IDI Ungkap Angka Kematian Anak Covid-19 RI Tertinggi di ASEAN”. (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210326105258-20-622360/idi-ungkap-angka-kematian-anak-covid-19-ri-tertinggi-di-asean, diakses 27 Maret 2021)

Covid.go.id. 2021. “data sebaran”.( https://covid19.go.id/, diakses 27 maret 2021)

Damayanti, D.T., & Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Journal of Multidisciplinary Studies, 4 (2), 185-198.

Danial, Apa itu Stres, available from: http://dr.danial.faithweb.com/konseling.htm. diakses tanggal. 13 Maret 2020

Das, P. P. P., & Sahoo, R. (2012). Stress and depression among post-graduate students. International Journal ofScientific and Research Publication, 2(7), 1-5.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaha Rosdakarya.

Frazier, Patricia,. BS. dkk. Understanding stress as an impediment to academic performance, Journal of American College Health, DOI: 10.1080/07448481.2018.1499649

Gadzella, B. M., Baloglu, M., Masten, W. G., & Wang, Q. (2012). Evaluation of the student life-stress inventory-revised. Journal of Instructional Psychology, 39(2), 82-91.

Greenberg, J. S. (2006). Comprehensive stress management 10th edition. New York, USA: McGraw-Hill Compenies, Inc.

Hafifa, dkk (2017). “Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang”, Jurnal Nursing News, 2 (3); 220-229.

Harahap, dkk. (2020). “Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19”. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

Jarinto, K. (2010). Eustress: A key to improving job satisfaction and health among thai managers comparing us, japanese, and thai companies using SEM analysis. NIDA Development Jour-nal, 50(2), 100-129.

Jayanthi, P., Thirunavukarasu, M., & Rajkumar, R. (2015). Academic stress and depression among adolescents: A cross-sectional study. Indian Pediatrics, 52(3), 217-219.

Kompas.com. 2021. “Satu Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia: Kilas Balik Kisah Pasien 01 dan 02”. (https://nasional.kompas.com/read/2021/03/02/05300091/satu-tahun-pandemi-covid-19-di-indonesia-kilas-balik-kisah-pasien-01-dan-02?page=all, diakses 22 Maret 2021)

Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The eustress concept: Problems and out-looks. World Journal of Medical Sciences, 11(2), 179-185. doi: 10.5829/idosi.wjms. 2014.11.2.8433.

Marshall, L. L., Allison, A., Nykamp, D., & Lanke, S. (2008). Perceived stress and quality of life among doctor of phar-macy students. American Journal Of Pharmaceutical Education, 72(6), 1-8.

Noor, S., Isa, F. Md., & Mazhar, F. F. (2020). Online Teaching Practices During the COVID-19 Pandemic. Educational Process: International Journal, 9(3), 169-184, DOI:10.22521/edupij.2020.93.4

Oducado, dkk. 2021. “Online Learning in Nursing Education during the COVID-19 Pandemic: Stress, Satisfaction, and Academic Performance”, Journal of Nursing Practice, 4 (2), 143-153

Rafidah, K., Azizah, A., Norzaidi, M. D., Chong, S. C., Salwani, M. I., & Noraini, I. (2009). Stress and academic perfor-mance: Empirical evidence from univer-sity students. Academy of Educational Leadership Journal, 13(1), 37-51.

Sari, N. P., dkk. (2020). Analisis Hubungan Stres Akademik Mahasiswa terhadap Akses Internet Terbatas Saat Belajar Selama Pandemi Covid 19 (Studi pada Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Islam Negeri Antasari).

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Talib, N., & Zia-ur-Rehman, M. (2012). Academic performance and perceived stress among university students. Educational Research and Reviews, 7(5), 127-132. doi: 10.5897/err10.192.

Taufik, dkk. 2013. “ Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang”. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1 (2); 143-150

Waitz, Grete; Stromme, Sigmund; Railo, Willi S. 1983. Conquer Stress with Grete Waitz, (terjemahan Sinta A.W). Bandung: Angkasa.

Waqas, A., Khan, S., Sharif, W., Khalid, U., & Ali, A. (2014). Association of aca-demic stress with sleeping difficulties in medical students of a Pakistani medical school: a cross sectional survey. PeerJ, 2-11. doi: 10.7717/peerj.840.

Yekti Mumpuni dan Ari Wulandari. (2010). Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta:Andi.

Yusuf, A.M. 2013. “Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan”. Padang: UNP Press

Downloads

Published

2022-11-26

Issue

Section

Articles