Analisis Self Esteem pada Mahasiswa Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
DOI:
https://doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.19475Abstract
Penelitian ini membahas tentang self esteem mahasiswa prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket adopsi dari Coopersmith Self Esteem Inventory. Berdasarkan hasil analisis angket tentang self esteem mahasiswa prodi PG-PAUD dapat di deskripsikan sebagai berikut: Kekuatan diperoleh hasil 71,50%, Keberartian 64,62%, Kebajikan 69,37% dan Kemampuan 79,12%. Berdasarkan hasil temuan tersebut sebagian besar mahasiswa prodi PG-PAUD memiliki self esteem tinggi.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Coopeersmith, S. 1967. The Antecendents of Self-Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman.
Guindon, Marry H. 2010. Self Esteem Across the Life Span. New York: Taylor and Francis Group.
Halida. 2014. Analisis Konsep Diri Mahasiswa Pada Program Studi PG-PAUD FKIP UNTAN Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 8 (1), 35-46.
Larasati, Wikan P. 2012. Meningkatkan Self Esteem Melalui Metode Self-Intruction. Tesis Falkutas Psikologi Universitas Indonesia.
Mruk, Christopher J. 2006. Self-Esteem Research, Theory and Practice. New York: Springer Publishing Company.
Prawesti, F.S. & Dewi, D. K. 2016. Self Esteem dan Self Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Blackberry Messenger. Jurnal Psikologi dan Terapan. 7 (1), 1-8.
Rusandi, M.Arli dan Rachman, Ali. 2014. Efektifitas Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution Focused Brief Therapy) Untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling FKIP UNLAM Banjarmasin. Jurnal Al’Ulum. 4(64), 22-28.
Schreiber, James dan Asner, Kimberly. 2011. Educational Research. USA: Willey.
Sheykhjan, Tohid M.; Jabari, Kamran dan Rajeswari. 2014. Self-Esteem and Academic Achievement of High School Students. Cognitive Discourses International Multidisciplinary Journal. 2(2), p38-41, 2321-1075.