Pengaruh Self Confidence terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMAN 2 Tebo

Authors

  • Aryayanda Prasetiawan Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rila Rahma Mulyani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.21602

Abstract

Peneltian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang malu-malu ketika presentasi di depan kelas. Adanya peserta didik yang ragu-ragu menyampaikan pendapatnya dalam persentasi dan adanya peserta didik yang menyuruh temannya untuk menyampaikankan jawabannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Gambaran self confidence peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo. 2) Gambaran prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo. 3) Pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 107 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah propotional random sampling dengan 51 orang partisipan Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan skor interval, persentase dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tebo : 1) Self confidence peserta didik berada pada kategori baik. 2 Prestasi belajar peserta didik berada pada kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh self confidence terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik Agar peserta didik lebih meningkatkan self confidence sehingga mampu meraih prestasi belajar yang maksimal. Kata kunci: Self Confidence, Presrasi Belajar, Peserta Didik  

Author Biographies

Aryayanda Prasetiawan, Universitas PGRI Sumatera Barat

Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

Universitas PGRI Sumatera Barat

 

Rila Rahma Mulyani, Universitas PGRI Sumatera Barat

Citra Imelda Usman, Universitas PGRI Sumatera Barat

References

Hakim. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Ghufron, Nur, dan Risnawita, Rini. (2011). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Lauster, Peter. (2006). Tes Keprobadian. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.

Oktapiani, E. (2019). Penerapan Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik MTs. QUANTA, 3(1), 21-27.

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Wahyuni, Sri. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahapeserta didik Psikologi. Ejournal Psikologi. 2 (1), 50-64

Wardani, D. K. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Yusuf. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles