Proses Diagnosis dalam Konseling: Konsep dan Menganalisa sebagai Konselor Profesional dalam Problem Solving Klien

Authors

  • Nurhafiza Nurhafiza Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
  • Rezki Hariko Universitas Negeri Padang
  • Hasgimianti Hasgimianti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.22483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses diagnosis dalam konseling sebagai konselor professional dalam Problem Solving Klien. Metode penelitian ini adalah  kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), kegiatan mempelajari, mendalami dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur yang digunakan berasal dari buku, jurnal, atau karya tulsi lainnya yang secara relevan atau valid dengan topik yang digunakan, fokus atau variabel penelitian. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa berbagai masalah yang dihadapi klien saat ini konselor dapat menggunakan berbagai tahap diagnosis untuk mengentaskan maslaah klien. Bahwasannya diagnosis suatu langkah awal untuk mengikuti analisis data, konselor memilih dari berbagai kumpulan kasus, fakta-fakta yang relevan sehingga membentuk dasar prognosis dan rencana untuk konseling atau psikoterapi selanjutnya

Kata Kunci : Diagnosis, Konselor Professional, Problem Solving Klien 

Author Biographies

Nurhafiza Nurhafiza, Universitas Negeri Padang

Yeni Karneli, Universitas Negeri Padang

Rezki Hariko, Universitas Negeri Padang

Hasgimianti Hasgimianti, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

References

Brammer,L.M & Shastrom, E. L. (1982). Therapeutik Psychology. New Jersey : PrenticeHall.Inc.

Daulay Maslina. (2021). Proses Diagnosis dalam Bimbingan dan Konseling. Bimbingan, Jurnal Islam, Konseling Jurnal, Web, 3(1), 51–64.

FITRIANA, H. (2019). Peran Keterampilan Konselor (Counselor Skill) Sebagai Problem Solving Pada Permasalahan Remaja (Studi Literatur). Al-Tazkiah, 8(1), 17–28. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1096

John. W Creswell. (2019). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Mabruria, A. (2023). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i2.429

Malik, A. A., & Kurniawan, K. (2018). Tingkat Pemahaman Konselor Tentang Kompetensi Professional dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 30–36.

Maulidya, A. (2018). Berpikir Asosiatif, yaitu Suatu Ide Merangsang Timbulnya Ide-Ide Lain. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 11–29.

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142. https://doi.org/10.29210/120800

Nurhafiza. (2023). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118.

Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT Rineka Cipta.

Purwanti, S., Wahyu Utami, S., & Latifah, L. (2022). Konseling Sebaya Pada Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5245

Putra, A. (2020). Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah Siswa Kelas Viii Smpn 3 Lengayang Sumatera Barat (Studi Kasus Terhadap 1 Siswa). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2), 112–126. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-01

Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 10. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99

Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/

Sulasmono, B. S. (2012). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, Dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155-166

Suwarjo. (2009). REDEFINISI DIAGNOSTIK DALAM KONSELING (Sebuah Isu Profesi Konseling). Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 08, 71–80.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (Widodo (ed.)). PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles