Problematika Penerapan Instrumentasi Daftar Cek Masalah di Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru

Authors

  • Fitra Herlinda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasgimianti Hasgimianti Universitas islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau
  • Irawati Irawati Universitas islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau
  • Raja Rahima Universitas islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/egcdj.v3i1.9496

Abstract

Salah satu tugas dan kewajiban guru bimbingan konseling ialah memberikan pelayanan bimbingan konseling yang harus diberikan berdasarkan kebutuhan, masalah, dan tugas perkembangan siswa. Penelitian ini dapat mengetahui penerapam aplikasi instrumen daftar cek masalah dalam menyikap permasalahan sisiwa di SMP Kota Pekanbaru serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerapam aplikasi intrumen daftar cek masalah dalam  menyikap permasalahan sisiwa di SMP Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi.  Informan dalam penelitian ini adalah 8 orang guru bimbingan konseling dan tiga orang Waka Kesiswaan di sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan aplikasi daftar masalah pada ketiga sekolah  yang menjadi lokasi peneltian, tidak berjalan atau bahkan tidak pernah diterapkan. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksana aplikasi daftar cek masalah dalam menyikapi permasalahan tidak berjalan atau diterapkan disebabkan oleh persepsi dan pengetahuan guru bimbingan konseling, penggunaan aplikasi yang sulit, data perlu di up date terus dan sulit masuk keaplikasi dan tenaga admin untuk mengaplikasikan instrumen daftar cek masalah belum ada.

References

Amirah Diniati.2013. Instrumentasi dalam Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Cadas Pres,2013.

Anas Salahudin. (2012) Bimbingan dan Konseling, Bandung: Pustaka Setia, 2012

Dewa Ketut Sukardi (2003), Menejemen Bimbingan d

Downloads

Published

2020-04-17

Issue

Section

Articles