Efektivitas Pembelajaran Daring pada Program Studi Akuntansi selama Pandemi Covid-19 di Kota Lhokseumawe

Authors

  • Eka Chyntia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Mulia Andirfa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Eko Gani PG Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.24014/ekl.v4i2.14709

Keywords:

pembelajaran daring, akuntansi, covid-19

Abstract

Kota Lhokseumawe merupakan salah satu daerah yang masuk ke dalam kelompok kategori zona merah penyebaran virus covid-19 pada provinsi Aceh. Sesuai dengan peraturan yang dilakeluarkan Kemenristek Dikti, maka PTN dan PTS di Kota Lhokseumawe harus melakukan perkulihan secara daring/online. Ini menimbulkan beberapa permasalahan yang timbul selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat efiktifitas kegiatan perkulihan secara daring/online khususnya pada Prodi Akuntansi pada PTN dan PTS yang terdapat  di Kota Lhokseumawe. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif  dengan tehnik pengumpulan data kuisioner dan wawancara. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa aktif semester 2 dan 4 serta dosen tetap pada Program Studi Akuntansi pada PTN dan PTS  di Kota Lhokseumawe. Sampel pada penelitian adalah 320 responden yang di ambil dengn menggunakan purposive sampling. Hasil penelitin menunjukkan bahwa, sistem pebelajaran secara daring pada program studi akuntansi  PTN dan PTS di Kota Lhokseumawe masih belum Efektif. Masa transisi dari metode luring ke daring masih di rasa terlalu cepat sehingga pendidik dan mahasiswa masih mengalami kendala dalam melakukan pembelajaran secara daring dimasa pandemi covid-19.

Author Biography

Eka Chyntia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Prodi Akuntansi

References

Ajefri, Feska. 2017. “Efektifitas Kepemimpinan dalam Manajemen Berbasis Madrasah.” Jurnal Kependidikan Islam 7(2):100–119.

Avana, Nurlev. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Tunas Pendidikan 2(1):103–14. doi: 10.52060/pgsd.v2i1.199.

Ijah Mulyani Sihotang, dan Fauziah Husna. 2019. “Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Covid-19.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Novianti, Nur Raina. 2011. “Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan MIPA 1(1):158–66.

Setiawan, Adib Rifqi. 2019. “Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik.” Thabiea : Journal of Natural Science Teaching 2(2):83–94. doi: 10.21043/thabiea.v2i2.5345.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Yanti, Linda, dan Dian Nurhofifah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question and Getting Answer Pada Pembelajaran Daring Biologi Via Whatsapp.” ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi 1(2):101–8.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles