Penerapan Promosi Mulut ke Mulut dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di PPMI Assalaam Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.24014/ekl.v5i1.16898Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan promosi mulut ke mulut dalam pemasaran jasa pendidikan Islam di Ponpes Modern Islam Assalaam Sukoharjo di tahun akademik 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan observasi kegiatan SIPENWARU pondok, wawancara dengan para informan yaitu pengurus MPP, petugas SIPENWARU, serta Humas PPMI Assalaam, dan dokumentasi pada kegiatan SIPENWARU pondok dan media yang digunakan sebagai alat promosi Analisis data dilakukan dengan menafsirkan informasi yang didapat dari ketiga teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang berorientasi mulut ke mulut sangat efektif dalam pemasaran jasa pendidikan di Ponpes Modern Assalaam Sukoharjo. Adanya keaktifan para Majelis Pondok Pesantren (MPP) yang senantiasa menerapkan promosi mulut ke mulut dalam pemasaran jasa pendidikan mampu mengajak masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sebagai santri Ponpes dengan testimoni yang persuasif Kata Kunci : Promosi Mulut ke Mulut, Majelis Pondok Pesantren, Pemasaran Jasa PendidikanReferences
Faizin, I. (2017). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan nilai jual madrasah. Madaniyah, 7(2), 261283. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75
Fira, F. L. A., Ulfatin, N., & Benty, D. D. N. (2020). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat melalui program kelas khusus. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 249261. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p249
Handayani, B., & Ismanto, B. (2020). Evaluasi manajemen pemasaran jasa pendidikan non formal pusat kegiatan belajar masyarakat. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 130137.
Iqbal, M. (2019). Pemasaran jasa pendidikan dan implementasinya sebagai strategi pengembangan pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 127146. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-08
Jamaludin. (2020). Manajemen strategi pemasaran pendidikan di SDIT Alam Nurul Islam Sleman. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 112. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.91
Khasanah, A. (2015). Pemasaran jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan mutu di SD Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi pemasaran sekolah dalam peningkatan minat peserta didik berdasarkan delta model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 114. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p1-14
Maziyah, S. A., Umam, K., & Hepni. (2020). Strategi pemasaran dalam rekrutmen peserta didik baru di Madrasah Ibtidaiyah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 134148.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Prihatin, R. P., & Ahmad, I. F. (2020). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan minat siswa baru di Mtsn 5 Sleman Yogyakarta. Journal Evaluasi, 4(2), 173. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.381
Raya, M. K. F. (2016). Marketing jasa di institusi pendidikan ( Analisis pemasaran dalam pendidikan ). Falasifa, 7(1), 21.
Saadah, D. (2019). Strategi pemasaran sosial pondok pesantren dalam pengembangan masyarakat islam. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(02), 155. https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v5i02.2473
Sarifudin, S., & Maya, R. (2019). Implementasi manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 133. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.513
Sopiali, A. A., & Utomo, H. H. (2020). Pengembangan manajemen pemasaran jasa di pondok pesantren. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 116. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1106
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit Alfabeta.