Kompetensi Guru dalam Penguasaan Materi Ajar pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru

Authors

  • Paijan Rambe STKIP ‘Aisyiyah Riau
  • Henri Yanto Daulay Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan 'Aisyiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/ekl.v5i2.18427

Keywords:

Kompetensi, Penguasaan Materi Ajar, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya guru memiliki kompetensi penguasaan materi pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi penguasaan  materi pelajaran ekonomi ketika belajar dikelas. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan sekolah untuk dapat meningkatkan kompetensi guru khususnya kompetensi penguasaan materi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus . Hasil penelitian berdasarkan observasi menggambarkan bahwa kompetensi penguasaan materi pelajaran guru ekonomi Sangat Baik dengan hasil 82,39% dan guru ekonomi mempunyai motivasi yang kuat akan perkembangan dunia pendidikan dan pembelajaran terhadap imu yang diajarkannya dengan cara mengikuti berbagai macam pelatihan - pelatihan untuk menunjang kompetensi yang dimiliki yang berhubungan dengan materi ajar yang disampaiakan dalam pembelajaran di kelas

Author Biographies

Paijan Rambe, STKIP ‘Aisyiyah Riau

Henri Yanto Daulay, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan 'Aisyiyah Riau

References

Debora Suryani Sitinjak, Analisis Kompetensi dan Penguasaan Konsep Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia yang Profesional. Universitas Pahlawan : Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 3 Nomor 3, 2022

Dina Febiyola, dkk. Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMKN 1 Solok, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5 Nomor 2. 2021

Emosda. Faktor Guru dalam Aktivitas Pembelajaran di Kelas. Unimed: Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol 4 (2), 2007

Euis Kusmiati, Implementasi Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Profesional dalam Menciptakan Sekolah Unggul, Indonesian Journal Of Education Management and Administration Review. Vol 2 Nomor 1, 2018

Hamzah B.Uno dan Nurdin Muhammad, Belajar dengan PAILKEM (Pembelajaran aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik). Jakarta: Bumi Aksara, 2014

H.Lodang dkk, Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar, Makassar: Jurnal Bionature Vol 14 (I), 2013

M.Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Algesindo, 2008

Nana Sudjana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009

Roos M. S. Tuerah. Penguasaan Materi pembelajaran, Manajemen dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru SD di Kota Tomohon. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol 1 Nomor 2. 2015

Samudi. Hubungan Motivasi Kerja dan Kemampuan Penguasaan Materi dengan Kinerja Guru, Pasirjati RangkasBitung: Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah Vol I (2), 2013

Sri Wulandari, Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning. Vol 1 Nomor 2. 2021

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika, 2008

Downloads

Published

2023-01-03

Issue

Section

Articles