Pengaru Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Taman Sari 3 Pekanbaru

Authors

  • Mhf.d Suleman HSB Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Rahel Sari Titania Institut Teknologi dan Bisnis Master

DOI:

https://doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31460

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini di lakukan pada Klinik Taman Sari 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan. Analisis dalam penelitian ini mebbunakan variabel independen Kualitas pelayanan dan variabel dependen kepuasan pasien. Sampel penelitian ini adalah Pasien rawat jalan di Klinik Taman Sari 3. Sampel dilakukan dengan metode Accidential Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Jumlah populasi di Klinik Taman Sari 3 berjumlah 3.653 dan sampel yang di dapat sebanyak 97 orang. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji koefisien determinasi dan uji t . Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,387. Hal ini meunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel independen (kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasaan pasien) sebesar 38,7%. Atau variasi variabel independen (kualitas pelayanan) yang digunakan dalam model regresi mampu menjelaskan sebesar 38,7% variasi variabel dependen (kepuasan pasien). Sedangkan sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil Kualitas pelayanan nilai – t hitung sebesar 7,850 dan nilai t-tabel sebesar sebesar 1,985 sehingga t-hitung > t-tabel atau 7,850 > 1,985 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.

Author Biographies

Mhf.d Suleman HSB, Institut Teknologi dan Bisnis Master

Rahel Sari Titania, Institut Teknologi dan Bisnis Master

References

(Alma & Buchori. 2011.) Kepuasan adalah fungsi dari perceived performance dan aexpetation.

Daryanto. (2011). Pengertian Pemasaran.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss.Universitas Diphonegoro Semarang.

(Indrasari,, Hawkins, & Tjiptono, 2019) Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Surabaya

Indratno, O. D., Adji, I. S., & THT–KL, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Spesialis Graha Amanah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kotle . A, (2011). Pengertian Pemasaran.

(Kotler & Lupiyoadi, 2006) Definisi Jasa

(kotler & keller, 2016) Kualitas Pelayanan, Manfaat Kualitas Pelayanan, 158

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Bagian Rawat Jalan Puskesmas Bogor Utara. (2016). Kotler Dan Keller, 442.

Downloads

Published

2024-07-09