Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru

Authors

  • Zefno Fitri Institut Teknologi dan Bisnis Master
  • Desi Febriyani Institut Teknologi dan Bisnis Master

DOI:

https://doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31462

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pengiriman barang terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan di PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru berjumlah 90 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan menggunakan validitas, reliabilitas, R2 dan uji t. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (variabel bebas) dan variabel terikat (variabel terikat).

Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai korelasi R = 0,521 yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Sedangkan R-square sebesar 0,403 yang dapat berarti kualitas pelayanan mempunyai kontribusi sebesar 40,3% terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Secara parsial diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru dengan signifikan 0,002 lebih kecil dari alpha 0,05. Dengan persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini : Y = 6,489 + 0,113X.

Author Biographies

Zefno Fitri, Institut Teknologi dan Bisnis Master

Desi Febriyani, Institut Teknologi dan Bisnis Master

References

Aryani, Dwi & Febrina Rosinta, (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal limn Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126.

Atmaja, Aditama Kusuma. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Tiket Garuda Di PT Fatah Fantastic Tour Travel Bogor). Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegor

Panjaitan, Januar Efendi. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2 September 2016.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I edisi kedua belas. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks.

Normasari, Selvi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 Desember 2013.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Saidani, Basrah. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Research Manajemen Sains Indonesia Vol. 3 No.1 2012.

Suripto, Teguh. 2012. Manajemen Sdm Dalam Prespektif Ekonomi Islam : Tinjauan Manajemen Sdm Dalam Industri Bisnis. Volume II, No.2 Desember.

Tjiptono, Fandy. (2009). Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis

Yuliarmi, Ni Nyoman & Putu Riyasa. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM kota Denpasar , 12(1), 9-28.

Downloads

Published

2024-07-09