Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Johnny Andrean di Cabang Mall Ska Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31466Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Salon Johnny Andrean Cabang Mall SKA Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Salon Johnny Andrean Cabang Mall SKA Kota Pekanbaru, yang berjumlah 96 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana, yaitu bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas ( (independen variabel) dan variabel terikat (dependent variabel).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa : Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Salon Johnny Andrean Cabang Mall SKA Kota Pekanbaru, terlihat dari nilai thitung (15,508) > ttabel (1,986) atau signifikan (0,000) < 0,05, Sedangkan nilai R Square 0,719, yang berarti variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 71,9%, sedangkan sisanya 28,1% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.References
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.
Ismail dan Haron, 2016. Loyalitas pelanngan. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta. Kotler, Philip 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, PT.Indeks , Jakarta.
Kotler, Philip 2013. Kualitas pelayaan Cetakan Pertama,Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip & Kevin Lane keller, 2007. Manajemen Pemasan,Cetakan Pertama,Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid1, PT.Indeks, Jakarta.
Kohil, 2013, global pemasaran . Penerbit Andi, Yogyakarta.
Panjaitan, Yosua I. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Toyota Auto 2011 Gatot Subroto Medan)”.
Sugiyono 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.