Pengaruh Model Pembelajaran Integrasi Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Assofa Pekanbaru

Authors

  • M iqbal Lubis
  • Esmarani Esmarani

DOI:

https://doi.org/10.24014/ekl.v7i2.33045

Keywords:

Model Pembelajaran Integrasi Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Integrasi Islam terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas islam as-shofa pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen menggunakna desain quasi eksperimen dengan bentuk postes-only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 131 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan siswa kelas X.3 yang berjumlah 55 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa diperoleh bahwa Ha diterima Ho ditolak dibuktikan dengan hasil t hitung> ttabel   taraf signifikan 5 % (1,674) dan 1% (2,398) atau 1,674 < 4,422 > 2,398 5%. Selain itu dikelas exsperimen persentase siswa sebesar 90,19% sedangkan dikelas kontrol sebesar 81,75%.

Author Biographies

M iqbal Lubis

Esmarani Esmarani

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles