Pendidikan Kewirausahaan di Era Digital: Menyiapkan Generasi Inovatif dan Mandiri di Zaman Modern
DOI:
https://doi.org/10.24014/ekl.v7i2.34994Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Era Digital, Generasi InovatifAbstract
Pendidikan kewirausahaan di era digital memainkan peran penting dalam membekali generasi muda dengan kemampuan untuk menjadi individu yang inovatif, kreatif, dan mandiri. Dengan kemajuan pesat teknologi dan transformasi digital, kewirausahaan kini menjadi elemen fundamental dalam memberikan keterampilan yang diperlukan untuk berkompetisi di kancah global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan kewirausahaan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital, serta mengembangkan karakter dan keterampilan kewirausahaan yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Pemanfaatan berbagai platform digital, aplikasi mobile, dan alat kolaboratif online memungkinkan generasi muda untuk mengakses pembelajaran yang lebih fleksibel dan berbasis teknologi, yang pada gilirannya dapat merangsang kreativitas, inovasi, dan kemampuan beradaptasi dalam dunia bisnis. Dengan pendekatan tinjauan pustaka (literature review), penelitian ini menganalisis berbagai sumber yang membahas hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan teknologi digital, serta mengidentifikasi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan wirausahawan muda yang siap bersaing di era digitalReferences
Afwan, B., Vahlia, I., & Sholiha, S. (2022). Implementasi Bahan Ajar Digital Kewirausahaan Yang Disertai Nilai-Nilai Islam Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2). Https://Doi.Org/10.24127/Pro.V10i2.6556
Asri, K. H. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0. Alif, 1(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.37010/Alif.V1i1.710
Damayanti & Effane, 2022. (2022). Karimah Tauhid, Volume 1 Nomor 1 (2022), E-Issn 2963-590x. 1.
Dirawan, G. D. (2023). Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Pondok Pesantren Syeh Hasan Yamani Melalui Unit Kewirausahaan Pada Era Digital. Humano: Jurnal Penelitian, 14(2), 178–187. Https://Doi.Org/10.33387/Humano.V14i2.7000
Fatonnah, C. D., Djuwita, D., & Busthomi, A. O. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Iain Syekh Nurjati Cirebon. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 50–60. Https://Doi.Org/10.57096/Hawalah.V1i2.7
Haq, A. M., Ariska, A., Mukarromah, S. A., Wijayanti, D. T., & Khamidi, A. (2024). Best Practice Program Kewirausahaan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Tk Adni Islamic English School Surabaya Dan Tk Islam Bakti 4 Ypbwi Gresik). Jamp : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(4), 347. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v6i42023p347
Hasanah, S. Z., & Riofita, H. (2024). Kewirausahaan Di Era Industri 4.0: Transformasi Melalui Praktek Bisnis Modern. 6(2).
Ihsan, M. N. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Studentpreneurship Smk Di Jakarta.
Judijanto, L. (2022). Karimah Tauhid, Volume 1 Nomor 1 (2022), E-Issn 2963-590x. 1.
Kurniawan, J., & Nurachadijat, K. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Keterampilan Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. 06(01).
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Alacrity: Journal Of Education, 1-12.
Naiborhu, I. K., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unesa Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V9n2.P107-124
Ningsih, R. S., & Wahyudi, H. D. (T.T.). Pengaruh Karakter Entrepreneur, Literasi Digital, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Pawyatan Daha 1 Kediri.
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Arif, R. (2024). Peran Literasi Digital Terhadap Wirausaha Muda: Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan Stie Muhammadiyah Palopo, 10(1), 100. Https://Doi.Org/10.35906/Jep.V10i1.1917
Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings Of The Icecrs, 2(1), 281–285. Https://Doi.Org/10.21070/Picecrs.V2i1.2382
Rahayu, S., Susilawati, T., Iskandar, D., Nuramat, F., Najib, M., & Fadhilah Majid, A. (2023). Komunikasi Fundamental Pada Pendidikan Kewirausahaan Bagi Generasi Digital. Adi Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 81–87. Https://Doi.Org/10.34306/Abdi.V4i2.997
Sahban, M. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Dan Teknologi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Manajemen Bisnis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(3), 10485-10489.
Satrianny, I. P., Djohan, D., Thamrin, T., & Robin, R. (2024). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Kewirausahaan: Analisis Penggunaan Platform Digital Untuk Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(3), 10157-10167.
Sidik, R., Sukoco, D. S., Nurmala, W. E., & Santihosi, R. E. (2023). Peran Literasi Digital Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Intensi Teknopreneur. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 209–222. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V11n2.P209-222
Siregar, P. P., Julmasita, R., Ananda, S., & Nurbaiti, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(1), 43–50. Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V4i1.805
Sofia Zahra, Zyhan Risty Andini, Leoni Sabrilina Putri, & Mansur Keling. (2023). Menggali Potensi Kewirausahaan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 54–63. Https://Doi.Org/10.61132/Maeswara.V2i1.592
Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04). Https://Doi.Org/10.58812/Jekws.V1i04.712
Sumarmi, S., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2022). Entrepreneurship Training And Digital Marketing To Seize Business Opportunities. Abdimas Galuh, 4(1), 330. Https://Doi.Org/10.25157/Ag.V4i1.7136
Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal Of Business Administration (Jba), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.31963/Jba.V2i1.3432
Varadainy, Z., Helita, W., Hermansyah, M., & Rahmawati, I. D. (2024). User-Generated-Content Marketing Strategies In Provision Of Consumer Responsibility. International Journal Of Business, Law And Political Science, 1(5), 1–6. Https://Doi.Org/10.61796/Ijblps.V1i5.106
Zaenal Asikin, M., & Fadilah, M. O. (2024). Masa Depan Kewirausahaan Dan Inovasi: Tantangan Dan Dinamika Dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303–310. Https://Doi.Org/10.46799/Jsa.V5i1.1023