Aksentuasi Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Kepribadian Peserta Didik di Tengah Pandemi

Authors

  • Fitri Maulan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
  • Nabila Mayalibit Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdurrahman Abdurrahman Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa’ul Husna Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v5i2.12869

Keywords:

Aksentuasi, Revitalisasi, Pendidikan Karakter, Pandemi

Abstract

Pandemi covid-19 mengikis efektifitas sistem pendidikan Indonesia yang berakibat pada kemerosotan karakter peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini sebagai upaya untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penulisan dalam artikel ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan (library research) yang mana dalam mendapatkan informasi dilakukan dengan teknik pengumpulan data  melalui sumber-sumber seperti buku, jurnal-jurnal, dan web (internet), serta informasi lain yang berkaitan dengan aksentuasi pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi kepribadian peserta didik di tengah pandemi. Penekanan atau penguatan pendidikan karakter peserta didik di tengah pandemi sangat diperlukan. Dalam hal ini pendidikan karakter yang mencoba penulis uraikan beraksentuasi dalam mengembangkan kemampuan internalisasi nilai religius, integritas, dan nasionalis serta penguatan literasi dalam keluarga sebagai upaya revitalisasi kepribadian peserta didik yang islami. Keteladanan dan pembiasaan merupakan aspek penting dalam merealisasikan pendidikan karakter terkhususnya di masa pandemi covid-19 karena pendidikan karakter merupakan bentuk konkrit dari kepribadian peserta didik yang diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari

Author Biographies

Fitri Maulan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Nabila Mayalibit, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Abdurrahman Abdurrahman, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Difa’ul Husna, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan

References

A, D. K. (2007). Pendidikan Karakter. Grasindo.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016). Aksentuasi. Kbbi.Kemdikbud.Go.Id.

Bolam, L. dan I. H. A. (2009). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN.

Bruno, L. (2019). Pendidikan Karakter 5S. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Di, K., & Pandemi, T. (2020). Peningkatan karakter siswa melalui gerakan literasi keluarga di tengah pandemi covid-19. 680–689.

Dunia, K., Menghadapi, P., New, E., Parepare, I., & Press, N. (n.d.). KESIAPAN DUNIA PENDIDIKAN.

Hafidz, N., & Azizah, F. N. (2020). Nilai-Nilai Integritas Anak Dalam Kitab Akhlak Lil Banin Karya Syekh Umar Baradja. Jurnal Penelitian Agama, 302–316.

Hartinah, S. (2010). Pengembangan Peserta Didik. PT Refika Aditma.

Helmi, J. (n.d.). AL-ISHLAH AL-ISHLAH. 70–91.

Kunandar. (2011). Guru Profesional. 46.

Mubarokah, L., & Yuniya, V. (2020). GUNA MENJAGA FITRAH ANAK. 2(April).

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Pandemi, T., Prasetia, S. A., Fahmi, M., Tarbiyah, F., Sunan, U. I. N., & Surabaya, A. (2021). Jurnal tarbawi stai al fithrah | 21. 21–37.

Rachman, M., & Budi, C. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19.

Rahmawati, N. E., Rofiqoh, N., Islahati, L., & Salimi, M. (2019). Build Religious Character Through 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 308. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26730

Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3).

Rifai, A., Dian, S., & Alimi, M. Y. (2017). Pembentukan Karakter Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. JESS: Journal of Educational Social Studies, 6(1), 7–19.

Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169.

Suwandi, I. K., & Sari, I. P. (2017). Analisis Karakter Nasionalisme Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelas 1 SD. Elementary School, 4(2), 152.

Tengah, D., & Covid, P. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penguatan Nilai Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. 1, 175–180.

Tsamrotun, F., Ashif, N., Zafi, A., Kudus, I., Conge, J., Rejo, N., Box, P. O., Kudus, I., Conge, J., Rejo, N., & Box, P. O. (2020). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM DI TENGAH PENDEMI COVID-19. 08, 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20

Yussie Emilya Cahya. (2020). Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Keagamaan Di Mi Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung.

Downloads

Published

2022-11-24

Issue

Section

Articles