Adab Guru Menurut Imam Nawawi dalam Buku Adabul Alim Wal Muta’allim dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia

Authors

  • Nasrul HS UIN SUSKA RIAU
  • Eka Septi Wulan Sari Siregar UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v5i3.19799

Keywords:

Teacher’s Ethics, Imam Nawawi, Indonesian Teacher's Ethics Code

Abstract

Abstract: Education is teaching and learning process conducted by students and teachers. Teachers have a very important role in education in schools.  This research aimed at knowing Teacher’s Ethics according to Imam Nawawi in the book Adabul Alim Muta’allim and its relevance to Indonesian teacher's ethics code.  It was a library research.  Documentation technique was used for collecting the data.  Content analysis technique related to the content containing in the book Adabul Alim Muta’allim and Indonesian teacher's ethics code was used for analyzing the data.  The findings in this research showed that Imam Nawawi's ethical theory generally comes from the Al-Qur'an and As-Sunnah.  In general, his theory has relevance to the Indonesian teacher’s ethics code.  According to Imam Nawawi, teacher ethics have similarities with the Indonesian teacher’s ethics code, including: teacher’s ethics in teaching, teacher’s ethics to persons, teacher’s ethics to students, teacher’s ethics to science and to others.Abstrak: Pendidikan adalah proses belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Guru menurut Imam Nawawi dalam kitab Adabul Alim Muta’allim dan relevansinya dengan kode etik guru Indonesia. Itu adalah penelitian kepustakaan. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis isi yang berkaitan dengan isi yang terdapat dalam kitab Adabul Alim Muta’allim dan Kode Etik Guru Bahasa Indonesia digunakan untuk menganalisis data. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teori etika Imam Nawawi pada umumnya bersumber dari Al-Qur'an dan As-Sunnah. Secara umum, teorinya memiliki relevansi dengan kode etik guru Indonesia. Menurut Imam Nawawi, etika guru memiliki kesamaan dengan kode etik guru Indonesia, antara lain: etika guru dalam mengajar, etika guru terhadap orang, etika guru terhadap siswa, etika guru terhadap ilmu pengetahuan dan lain-lain. 

Author Biographies

Nasrul HS, UIN SUSKA RIAU

Eka Septi Wulan Sari Siregar, UIN SUSKA RIAU

References

Imam Nawawi. 2018. Adabul Alim Wal Muta’allim, Yogyakarta: Diva Press.

Imam Nawawi. 2019. Adab Guru dan Murid, Solo: POS Publishing.

No Name, Biografi Imam Nawawi (Online), Tersedia: https://catatanngajiku. wordpress.com/2013/02/25/biografi-imam-an-nawawi/ (15 september 2021)

Samiaji Sarosa,Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar,(Jakarta: PT . Indeks, 2012).

Abuddin Nata. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media Group.

Amri Darwis. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Agama Islam Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami, Pekanbaru: Suska Press.

http://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4867894/guru-pukul-siswa-dengan-besi-hingga-pingsan-terancam-5-tahun-penjara, diakses 21 januari 2020

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3982972/penyesalan-guru-penampar-9-muridnya-yang-viral-di-purwokerto, diakses 21 April 2018

Mahmud, Tedia Priatna. 2005. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Sahifa.

Mestika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ondi Saondi dan Aris Suherman. 2015. Etika Profesi Keguruan, Bandung: PT Refika Aditama.

Ramayulis. 2002. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayah Publishing.

Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integritas dan Kompetensi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zianuddin Alavi. 2003. Pemikiran Pendidikan Islam Pada Abad Klasik dan Pertengahan, Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles