Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Sosial terhadap Kompetensi Pedagogik PAI di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak

Authors

  • Wiwin Anggraini Universitas Riau
  • Jimmi Copriady Universitas Riau
  • Sumarno Sumarno Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v5i2.19974

Keywords:

Konsep diri, Kecerdasan Sosial, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial terhadap kompetensi pedagogik PAI di kecamatan mempura Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan dengan metode explanatory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh (sensus). Berdasarkan dari analisis data diperoleh Diperoleh pengaruh konsep diri terhadap kompetensi pedagogik sebesar 28,1%, artinya besar pengaruh konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak adalah 28,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pengaruh konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak memiliki tafsiran atau pengaruh yang rendah; selanjutnya, Diperoleh pengaruh kecerdasan sosial terhadap kompetensi pedagogik sebesar 14,6%, artinya besar pengaruh variabel kecerdasan sosial terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak adalah 14,6%. Dengan demikan dapat disimpulkan, bahwa pengaruh variabel kecerdasan sosial terhadap kompetensi pedagogik memiliki tafsiran atau pengaruh dalam kategori rendah; dan Diperoleh pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogic sebesar 29,2%, artinya besar pengaruh variabel konsep diri dan kecerdasan sosial secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik adalah 29,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pengaruh konsep diri dan kecerdasan sosial secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di Kecamatan Mempura Kabupaten Siak memiliki tafsiran atau pengaruh dalam kategori rendah.

Author Biographies

Wiwin Anggraini, Universitas Riau

Jimmi Copriady, Universitas Riau

Sumarno Sumarno, Universitas Riau

References

Abbas, N. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio di SMPN 10 kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 16(2), 125-130.

Agustiani, H. (2019). Psikologi Perkembangan (pendekatan Ekologi Kaitanya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja) Edisi Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.

Asmani, J.M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Chaplin, J.P. (2014). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gardner, H. (2013). Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Alih bahasa: Arvin Saputra. Batam: Interaksara.

Gersang, S.Y.C. (2013). Pengaruh Motivasi terhadap Konsep Diri Di Kantor Kecamatan Siantar Utara Kota Pematang Siantar, dalam Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Goleman, D. (2017). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hady, N. A., & Purwaningsih, W. (2012). Perbedaan efektifitas terapi musik klasik dan terapi musik murrotal terhadap perkembangan kognitif anak autis di SLB Autis Kota Surakarta. Gaster, 9(2), 72-81.

Jalaludin, R. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchith, M. S. (2018). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2019). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pariosi, T. K. (2013). Kecerdasan Sosial Guru. Cognicia, 1(2).

Putri, P. E. V., & Wibawa, I. M. A. (2016). Pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai bagian perlengkapan sekretariat Kabupaten Klungkung. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,(Online), 5(11), 7339-7365., diakses 10 Juni 2019.

Rakhmat, J. (2017). Persepsi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Safaria. (2011). Interpersonal Intelligence, Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A.P. (2016). Pengaruh Kualifikasi dan Konsep diri terhadap Motivasi Mengajar dan Budaya Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di MAN se-kota dan Kabupaten Mojokerto. dalam Tesis Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Zainal, A. (2010). Micro Teaching. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles