Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di Kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Sri Rezeki MA Hasanah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.24154

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TPS, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XII IPS di MA Hasanah Pekanbaru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan selama Januari hingga Maret 2023 dengan dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TPS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 47%. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 82%, mengalami peningkatan sebesar 35%. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 100%, dengan peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Selain peningkatan ketuntasan belajar, daya serap siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum perbaikan dilakukan, tingkat daya serap siswa adalah 71%. Namun, setelah perbaikan pada siklus I, tingkat daya serap siswa meningkat menjadi 81%, dengan peningkatan sebesar 10%. Pada siklus II, tingkat daya serap siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi 86%, mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Author Biography

Sri Rezeki, MA Hasanah Pekanbaru

References

Abdurrahman. (2002). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe, (online), (http://www.farhan-bjm.web.id/2011/09/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html, Diakses 13 Maret 2012).

Anonimus. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom). Jakarta: Gaung Persada Press.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: (terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri MS). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arislan. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Metode Pemerian Tugas Siswa Kelas II SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.

Baharudin. (2008). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis dengan Penerapanan Model PAKEM Siswa Kelas I SMAN 3 Bengkalis Tahun Pelajaran 2007/2008 (PTK). Bengkalis: SMAN 3 Bengkalis.

Bakkidu, N. (2010). Model–Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro.

Depdiknas. (2004). Model-Model Pembelajar IPA. Jakarta: Balitbang Puskur.

Depdiknas. (2006). Sistem Penilaian Kurikulum 2006. Jakarta: Balitbang Puskur.

Hernawan. (2006). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hudojo, H. (2000). Strategi Mengajar Belajar IPS. Malang: IKIP.

Ibrahim. (2000). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ismail. (2003). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kagen. (1993). Cooperative Learning; Theori Research and Practice. Allyn Bacon. Boston.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. PT Grasindo.

Posamentier. (1999). Artikel Inovasi Pembelajaran. www.kompasiana.com. (16 September 2012).

Sardiman, AS. (2004). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Rajawali Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Sudjana, N. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, Muhidin. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjokrodiharjo. (2003). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Biologi Anak Tunarungu. (21September 2012).

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Kooperatif

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles