Perspektif Al-Qur'an dan Fikih dalam Membangun Pendidikan Keluarga yang Berkualitas

Authors

  • Herlina Herlina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Susiba Susiba Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.24429

Keywords:

Pendidikan keluarga Nilai-nilai agama Pendidikan Agama Pendidikan Moral Pendidikan Akhlak

Abstract

Pendidikan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu yang berkualitas dan harmoni dalam masyarakat. Dalam perspektif Islam, Al-Qur'an dan Fikih menyajikan landasan yang kuat untuk pendidikan keluarga yang berdasarkan nilai-nilai agama dan moral. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan keluarga dalam Al-Qur'an dan Fikih serta menguraikan implementasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan pendidikan keluarga serta mengkaji pandangan para ulama dalam Fikih tentang hal ini. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Al-Qur'an dan Fikih memberikan pedoman yang komprehensif untuk membentuk keluarga yang Islami. Konsep pendidikan keluarga yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Fikih meliputi pendidikan agama, moral, akhlak, sosial, dan pendidikan gender. Selanjutnya, artikel ini menjelaskan implementasi praktis dari konsep-konsep pendidikan keluarga tersebut. Implementasi praktis meliputi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti melalui pembiasaan, pengajaran langsung, teladan, dan lingkungan keluarga yang mendukung. Artikel ini juga menyoroti pentingnya peran orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga dan memberikan beberapa strategi yang dapat digunakan oleh orang tua dalam melaksanakan pendidikan keluarga sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Author Biographies

Herlina Herlina, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Syarifuddin Syarifuddin, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Susiba Susiba, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

References

‘Ulwân, A. N. (2008). Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. al-Qâhirah: Dar al-Salam.

'Abd al-Baqî, M. F. (1986). Al-Mu'jam al-Mufahras li al-fàzh al-Qur'an al-Karim. Dar al-Fikr.

Abd. al-Hafîdh Suwaid, M. N. (2004). Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyyah li ath-Thifl. Dimaskus-Bairut: Dar Ibn Katsîr.

'Abdul Karȋm al-'Aql, N. (1419). Buhuts fȋ 'Aqidah Ahl al-Sunah wa al-Jama'ah. Jeddah: Dar al 'Ashimah.

Abu ‘Ainain, A.K. (1985). Falsafah al-Tarbiyah fi al-Quran al-Karim. Mesir: Dar al-Fikr al-‘Arabiy.

Adi, L. (2022). Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.

Al-Asfahani, A.R. (tt). Mu’jam Al-Mufradat li all-faz Al-Qur’an. Beirut: Dar Al-Fikr.

Al-Maraghi, A.M. (1993). Tafsir al- Maraghi, Terj. Bahrun Abu Bakar dkk. Semarang: CV. Toha Putra.

Annisyaroh, S. (2022). Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Qur’an Hadits. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 111-124.

Ar-Rifa'i, M. N. (2000). Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishar Tafsir Ibnu Katsir. Riyadh: Maktabah Ma'arif.

Ashoumi, H., & Ilyas, M. M. (2019). Desain materi agama Islam dalam bingkai media google classroom. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Atabik, A., & Mudhiiah, K. (2016). Pernikahan dan Hikmahnya Perspektif Hukum Islam. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, 5(2).

Buseri, K. (2004). Nilai-nilai Ilahiah Remaja Pelajar. Yogyakarta: UII Press.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fuadi, S. I., Antika, R., & Rofiudin, N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Keluarga: Kajian QS. al-Taghabun ayat 14-15. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 2, 74-86.

Labaso, S. (2018). Konsep pendidikan keluarga dalam perspektif Al-Quran dan hadis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 52-69.

Madkur, I. (1960). Mu’jam al-Wasit, cet 1. Kairo: Dar al-Hasiyyah.

Mahmud, A.A.H. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Manzur, I. (1988). Lisan al-‘Arab. Beirut: Dar al-Ahya’ al-Turas al-‘Arabi.

Mujieb, M. A. (2009). Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Jakarta: Hikmah.

Mukhtar, K. (1974). Asas-asas Hukum Islam tentang Perkawinan. Jakarta: Bulan Bintang

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohmah, H. (2019). Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 4 Metro. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 98-111.

Sabiq, S.S. (1403). Fiqh al-Sunah. Beirut: Dar al-Fikr.

Sarbini, M. (2017). Pendidikan Keluarga Muslim Dalam Perspektif Fiqih Al-Quran. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 22.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al- Misbah. Jakarta:Lentera Hati.

Srifariyati, S. (2016). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an. Madaniyah, 6(2), 221-241.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Syahidin. (2009). Menulusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta.

Thoha, C. (1996). Kapita Selakta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles