Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Literasi Matematis Kelas V SD Negeri 17 Pekanbaru

Authors

  • Reni Susanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zubaidah Amir MZ Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v7i1.24863

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan pemahamam konsep matematis dan kemampuan literasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai t hitung kelas eksperimen adalah sebesar -0,281. Karena nilai t hitung -0,281 < t tabel 2,042, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, tidak ada perbedaan antara kemampuan literasi matematis siswa kelas V yang menerima perlakuan menggunakan model

Author Biographies

Reni Susanti, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Zubaidah Amir MZ, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Rian Vebrianto, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles