Implementasi Kampus Mengajar terhadap Kompetensi Pedagogik: Studi Kasus Mahasiswa S1 Prodi PAI Universitas Islam Indonesia

Authors

  • Aisyah Amalia Putri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hasman Zhafiri Muhammad Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Eko Ngabdul Shodikin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Nur Rohmah Noviani Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v6i3.25655

Keywords:

Kampus Mengajar, Pedagogik, PAI

Abstract

Pendidikan Agama Islam saat ini belum mampu mengubah pola hidup. Program Kampus Mengajar hadir untuk memberikan solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Kampus Mengajar terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa S1 Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Analisis penelitian ditemukan yaitu kompetensi pedagogik setidaknya diselaraskan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan konsep pendidikan, bukan pengajaran. Implementasi dan evaluasi pembekalan mahasiswa program kampus mengajar diperlukan pembekalan pembelajaran berupa problematika berbasis subjek didik. Materi ajar setidaknya mengikuti kualifikasi prinsip pengembangan materi ajar yang disesuaikan psikologi dan minat peserta didik. 

Author Biographies

Aisyah Amalia Putri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sutrisno Sutrisno, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hasman Zhafiri Muhammad, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Eko Ngabdul Shodikin, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

Nur Rohmah Noviani, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

References

Agus, H. Z. (2018). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Raudhah, 3(2), 21. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.28

Amma, T. (2018). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 71. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.516

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 212. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Asmiyati. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Pai Dalam Menyusun Rpp Berbasis Saintifik Di Sd Piyungan Bantul Ta 2016/2017. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 118. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-02

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 2. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 606. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Isnainnuri. (2022). Hasil Wawancara. Whatsapp.

Kemendikbud. (2021). Panduan program kampus mengajar.

Kemendikbud, D. D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Kementrian Agama RI, D. P. (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat.

Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 129. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.581

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep "Merdeka Belajar. Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(1), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i1.1040

Nasution, H. R., & Ali, R. (2021). Peran Pengawas dalam Peningkatkan … Peran Pengawas dalam Peningkatkan …. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 254.

Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 34. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xwp6

Rusydiyah, E. F. (2019). Aliran dan Paradigma Pemikiran pendidikan Agama Islam Kontemporer. In Aliran dan Paradigma Pemikiran pendidikan Agama Islam Kontemporer (p. 72). UIN Sunan Ampel Press.

Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 221. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 35.

Suardipa, I. P. (2020). Urgensi Kompetensi Pedagogi Guru sebagai influencer Pendidikan. Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 77.

Sutrisno. (2008). Pendidikan Islam Yang Menghidupkan (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Fazlur Rahman) (p. 42). Kota Kembang.

Sutrisno. (2011). Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Fadilatama.

Sutrisno, Prastowo, A., & Suyadi. (2021). Pendidikan Islam Unggul di Era Revolusi Industri Industri 4.0 dan Merdeka Belajar. Kencana.

Wakingah. (2018). Teknik Supervisi Individual: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan RPP di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 348.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 106.

Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. JIE (Journal of Islamic Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.29062/jie.v4i1.109

Zulfahmi, Z., Hidatullah, I., & Raudhatinur, M. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Tgk. Chiek Oemar Diyan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 29. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2278

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles