Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak berbasis Tasawuf Amali di Madrasah Aliyah Negeri Rokan Hilir
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v5i3.25952Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak dengan Pendekatan Akhlak Tasauf untuk meningkatkan Motivasi Siswa Belajar peserta didik MAN Rohil. Dengan kata lain, pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak dengan Pendekatan Akhlak Tasauf diharapkan dapat meningkatkan Motivasi Siswa Belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE meliputi analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek ujicoba hanya terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru MAN yang berlatar belakang magister pendidikan dasar. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan praktikalitas. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif untuk menganalisis hasil validasi atau penilaian pakar terhadap produk yang dikembangkan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern terdiri dari tahap a) analisis, b) desain, c) pengembangan, d) implementasi dan e) penilaian. Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria validitas sebesar 4,43% dengan kriteria “Sangat Valid”; 2) Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria praktikalitas sebesar 83,40% dengan kategori “Praktis”; dan 3) Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria efektifitas ditinjau dari kemampuan literasi digital siswa sebesar 78,89% dengan kriteria “Baik/Efektif”.References
Amaniyah, A. (2016, Desember 23). DalamIslam. Dipetik April 13, 2017, dari Dalami Islam - Pusat Ilmu Islam Nusantara: http://www.Tasawuf Amali Pengertian dan Tokoh-tokohnya _ Dalamislam.com.htm
Anwar, M. S., and M. Solihin. Akhlak tasawuf: Manusia, Etika dan Makna Hidup. Bandung: Nuansa (2005).
Anwar, Rosihon, and Akhlak Tasawuf. "Bandung: Cv." Pustaka Setia (2010), h. 149
Arsanti, Meilan. "Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA." KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 1.2 (2018): 69-88.
Bagoesoka, L. W. Ilmu Jiwa Berjumpa Tasawuf.( Bandung: Mizan, 2003).
Gayo, Nogarsyah Moede. Buku Pintar Islam. Jakarta: Ladang Pustaka dan Intimedia, t. th (2014).
I Made Yudi Premana, Naswan Suharsono, I Made Tegeh, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2d untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal MUDARRISUNA, Vol. 3 No. 1, 2013, hlm. 3.
Komarudin, Didin. "Konsep Tasawuf Modern dalam Pemikiran Nasaruddin Umar." Syifa Al-Qulub 3.2 (2019): 96-111.
Mudlofar, Ali. "Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Tingkat Guruan dan Bahan Ajar dalam Guruan Islam." Jakarta: Rajawali Pers (2012).
Muhayya, A. S. Tasawuf dan Krisis. (Semarang: IAIN Wali Songo Press, 2001).
Mustaqim, Abdul. Akhlaq Tasawuf: jalan menuju revolusi spiritual. (Kreasi Wacana, 2007).
Nasution, Syaiful. "Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar." (1992).
Nata, A. Akhlak Tasawuf, cet. 4. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002).
Nugroho, N. B. “Pengembangan Rpp Dan Lks Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Smp Kelas VII.” E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 1.1 (2015): 96 – 118.
Prastowo, Andi. "Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif." Yogyakarta: Diva Press, (2014).
Rachman, Budhy Munawar. "Ensiklopedi Nurcholis Madjid Jilid 2 Edisi Digital." Jakarta: Democracy Project (2012).
Rakhmat, Jalaluddin. "Catatan Kang Jalal: Visi Media, Pendidikan dan Politik." (1997).
Sirfah, Milkhatus. "Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak dan Motivasi Belajar Terhadap Pembentukkan Karakter Religius Siswa di MTs Al-Munawwarah Dumai." Tamaddun Ummah (JTU) 1.1 (2016): 29-41.
Solikhin, M. Tasawuf Aktual. (Semarang: Pustaka Nuun, 2004).
Suryani, Ira, et al. "Peta Konsep Terminologi Akidah/Teologi dan Ruang Lingkup Studi Akidah Akhlak." Islam & Contemporary Issues 1.1 (2021): 11-22.
Syaifuddin, M. F. Tasawuf Untuk Kita Semua. Jakarta: Republika (2013).
Syukur, H. M. "Amin. Menggugat Tasawuf. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999."
Trianto, "Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif." Jakarta: Kencana (2009).
Trianto. "Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik." Jakarta: Prestasi Pustaka (2010).
Wiwoho, Bagus. Bertasawuf di Zaman Edan. Republika Penerbit: (2016).
Zaprulkhan. Ilmu Tasawuf: Sebuah Kajian Tematik. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016).