Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru melalui Penerapan Metode At-Taisir

Authors

  • Wendi Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Marwan Marwan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v6i3.28668

Keywords:

Metode At-Taisir Kualitas Hafalan Al-Quran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas hafalan Al-Quran siswa antara penerapan metode At-Taisir dengan metode Wahdah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa, dengan rincian 10 siswa dari kelompok eksperimen dan 10 siswa dari kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan yang signifikan kualitas hafalan Al-Quran siswa antara penerapan metode At-Taisir dengan metode Wahdah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru, dibuktikan dengan nilai thitung 2.98 > ttabel 2.23 pada taraf signifikansi 5% dan nilai sig. (2-tailed) 0.008 < 0.05, dimana nilai rata-rata (mean) kelompok ekperimen sebesar 86,4 dan 71,4 pada kelompok kontrol.

Author Biographies

Wendi Saputra, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Marwan Marwan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

References

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem informasi penjadwalan dokter berbassis web dengan menggunakan framework codeigniter (studi kasus: rumah sakit yukum medical centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.

Fitriani, A. (2017). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 57-80.

Hani, R. A. (2019). Metode Perlafass Tipkas Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’ān Santri Di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Menganti-Gresik. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 2(2), 29-37.

Hidayah, N., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2022). Correlation Between Memory An Qur'an With Student Learning Achievement At Ash-Shohwah Integrated Islamic Junior High School, Berau-East Kalimantan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 289-304.

Hidayat, A. (2020). Metode At-Taisir 30 Hari Hafal Al-Quran, Jawa Barat: Institut Quantum Akhyar.

Insyirah, Y., Maksum, M. N. R., Jinan, M., & Husein, S. (2023, September). The Contribution of the Digital Era in the Social Life of Adolescent Millennials with Integrity: From the Perspective of the Quran Surah Al-Mujadilah Verse 11. In Proceedings of the International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2023) (Vol. 773, p. 67). Springer Nature.

Muhyidin, S., Abubakar, A., Umar, M. S., & Munir, M. (2020). THE APPLICATION OF SAFINDA METHOD IN TRANSLATION LEARNING AL-QUR'AN IN STUDENTS IN FATTAHUL MULUK PAPUA. Jurnal Diskursus Islam, 8(3), 286-315.

Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).

Rahim, A., & Rahmah, R. (2023). The Values of Islamic Education in Surah Ar-Rum Verse 21 and Its Implications Community Life The Bataraguru Village of Baubau City. Jurnal Wawasan Sarjana, 2(3), 111-119.

Ramayulis, H. (2013). Profesi & Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia. Kalam Mulia.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Suryandari, P., Basya, K. F., Anggraeni, D. Y. A. H., Rismawandi, R., Kurniasih, S., Pujiyono, B., ... & Nifty, F. A. T. H. (2023, November). Partner Collaboration Program To Assist The 74 Hafizun Alim Foundation In Creating Mockups Of The Al-Quran Pillars. In Iccd (Vol. 5, No. 1, Pp. 350-357).

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles