Pengembangan dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Digital 4.0

Authors

  • Susanda Febriani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v7i1.29454

Keywords:

Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Islam, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pendidikan Islam menghadapi tantangan disrupsi di era revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi digital memungkinkan setiap orang mengakses segala jenis informasi dan terhubung dengan cepat melalui internet dan inovasinya (internet of things). Dampak suatu teknologi berpotensi positif dan negatif bagi manusia. Pendidikan Islam harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang beriman dan berakhlak serta menjadi intelektual muslim. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam merupakan upaya menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis data literatur yang bersumber dari jurnal dan buku terkait pengembangan dan inovasi kurikulum pendidikan Islam dalam menghadapi era digital 4.0. Hasil diskusi menunjukkan perlunya penyesuaian kurikulum pendidikan Islam era 4.0, dari tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan intelektual muslim terdidik, metode pembelajaran dengan kombinasi konvensional dan teknologi yaitu blanded leraning, isi materi harus disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan keterampilan di era 4.0, evaluasi komprehensif dan tanggung jawab bersama (ekosistem pendidikan). Pendidik harus menyesuaikan dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan di era 4.0. dan infrastruktur disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Author Biographies

Susanda Febriani, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Iswantir M, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Muaddyl Akhyar, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles