Kepemimpinan Visioner dalam Transformasi Universitas Islam
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v8i1.30503Keywords:
Kepemimpinan Visioner, Trasformasi Universitas IslamAbstract
Tujuan dari studi ini yaitu untuk menganalisis peran kepemimpinan visioner dalam transformasi yang sedang berlangsung di Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumen yang menguatkan. Adapun validasi datanya menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan interaktif tiga model milik Miles and Huberman yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa Kyai Abdul Hamid Wahid sebagai rektor Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo menerapkan kepemimpinan visioner dengan mengunakan 4 peran meliputi 1) penentu arah 2) pelatih dan pembimbing 3) agen perubahan 4) juru bicara. Kyai Abdul Hamid Wahid melakukan tranformasi kelembagaan dimulai dengan Visi dan misi, struktur organisasi, sytem keuangan, kultur kampus, sarana dan prasarana dengan sangat cepat, dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang yang tepat, sehingga dapat mewujudkan output (lulusan) mahasiswa yang berkualitas, berkompoten dan daya saing global. dengan tidak harus melepas identitas sebagai pendidikan Islam berwatak rabbani dan untuk menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan dikenal dunia.References
Abrori, H. (2018). Inspiring Leadership Dan Transformasi Kelembagaan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.245
Adnan, A., Gunawan, A., & Syarifudin, E. (2023). Analisis Model Kepemimpinan Karismatik dan Visioner. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4381
Aimah, S. (2021). Model Pengembangan Kurikulum Pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren. Tarbiyatuna; Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 253–280.
Astuti, E., & Khoirunnisa, R. M. (2020). Pengaruh Employee Engagement, Komitmen Organisasi, Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kesiapan Untuk Berubah (Readiness for Change) Pada Karyawan Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 8(1), 47. https://doi.org/10.12928/fokus.v8i1.1581
Bashori, B. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535
Bustari. (2019). Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , Volume 1, Nomor 1, Desember 2019, 1, 72–90.
Fathih, M. A., Supriyatno, T., & Amin Nur, M. (2021). Visionary Leadership of The Head of Diniyah Madrasah in Improving The Quality Santri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 513–525. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1527
Firdaus, D. R., Khairunnisa, K., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik dan Visioner di Pondok Pesantren. Journal on Education, 5(4), 15038–15049. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2588
Gusli, T., Primayeni, S., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2919–2932. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1002
Hartati, S., Ali, I., & Murtafiah, Hidayati, N. (2023). Gaya Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta (Gaya Kepemimpinan Visioner). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4081–4090. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13470
Hidayat, A., Anif, S., & Maryadi, M. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Unggulan di SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) Surakarta. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 2147. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2139
Ijayani, I., Sumarno, S., Yuanita, P., Natuna, D. A., & Pujianto, Y. (2023). The Influence of Work Ethics and Commitment of the Principal on the Visionary Leadership at Junior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3937–3946. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3043
Imam, W., & Ahmad, A. F. (2024). Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan Pengelolaan Administrasi Sekolah Di Mas Mathla ’ Ul Anwar. INCARE : International Journal of Educational Resources, 4(6). https://doi.org/https://doi.org/10.59689/incare.v4i4.869
Khotimah, D. K., Tyas, Z. W. R. N., & Hikmawati, H. (2024). Strategi Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SMK. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 222–231. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1269
Lestari, S., Mulyanto, A., Gustami, B. A., & ... (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Innovative: Journal Of Sosial Science Research, 3(3), 199–205. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2152
Marlia, M. A., Fahmy, R., Lukito, H., Lita, R. P., & Rahim, R. (2020). Visionary leadership role: Building a ghost town civilization. International Journal of Management, 11(1), 32–56. https://doi.org/10.34218/IJM.11.1.2020.005
Muafiah, E., Mumtaz, N. M., & Maharani, S. (2023). Leadership Style and Educational Quality at State Islamic University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 399–410. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2453
Mulyanto, A., Komara, E., Hendriawan, E., Wiedjanarko, F. X. W. B., & Naisabur, C. A. P. (2023). Penerapan Kepemimpinan Visioner dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kesetaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3658–3665. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2073
Mutohar, P. M., . J., & Trisnantari, H. E. (2020). Contribution of Visionary Leadership, Lecturer Performance, and Academic Culture to the Competitiveness of Islamic Higher Education in Indonesia. Journal of Advances in Education and Philosophy, 04(02), 29–45. https://doi.org/10.36348/jaep.2020.v04i02.002
Nasrulloh, M. A., & Lailiya, R. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 3(2), 227–238. https://doi.org/10.30739/jmpid.v3i2.1318
Nikmatullah, C., Wahyudin, W., Tarihoran, N., & Fauzi, A. (2023). Digital Pesantren: Revitalization of the Islamic Education System in the Disruptive Era. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 18(1), 1. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.5880
Pratiwi, D. A., Ananiah, & Saparuddin, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(2), 121–137. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i2.75
Rachman, A. U., Imamah, N., & Jatmikowati, T. E. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Quality Assurance Sekolah Lembaga PAUD Aisyiyah Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 150–161. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1096
Radiana, U. (2024). Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan Pengelolaan Administrasi Sekolah Di Mas Mathla ’ Ul Anwar. 8, 22–34. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v8i1.71627
Renouw, A. A., & Antonio, F. (2023). Analisis Pengaruh Visionary Leadership Terhadap Organization Innovation yang Dimediasi oleh E-Leadership dan Dimoderasi ICT Awareness pada Universitas Swasta di Kota Sorong Papua. Jurnal Paedagogy, 10(1), 289. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6063
Sukaryo, M. H., & Suratno. (2024). Peran Kepemimpinan Visioner dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan: Studi Kasus MTs Raudlatul Huda Cilacap. JUWARA : JURNAL WAWASAN DAN AKSARA, 4(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.85 Peran
Supriani, Yuli, Unang Wahidin, A. N. (2024). The Influence of Visionary Leadership and Compensation on Achievement Motivation and Its Impact on Lecturer Performance ( Case Study of A Private Islamic Religious College In Metro Lampung City ). International Journal of Education and Digital Learning, 2024(4), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v2i4.119 |
Syarifudin, E., Muin, A., Islam, U., Sultan, N., Hasnuddin, M., History, A., Leadership, V., & Performance, T. (2024). Kepemimpinan Visioner Sebagai Faktor Penentu Kinerja Guru Pada Lembaga Pendidikan; Meta-Analisis. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 5(1), 156–164. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/teacher.v5i1.2767
Titik, W., Hidayatullah, & Benyy, P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Akuntabilitas Manajerial terhadap Keunggulan kompetitif. AL-TANZIM : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1115–1125. https://doi.org/http://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3227