Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Di MAN 2 Banyuwangi

Authors

  • Yurda Bakhtiar Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
  • Ainur Rofiq Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi
  • Ali Wafa Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi
  • Fatma Aslikhatul Amaliyah Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v7i1.31086

Abstract

Kepemimpinan dalam dunia pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan kualitas mutu pendidikan sebuah institu. Kepemimpinan visioner, khususnya, telah dikenal sebagai faktor yang mampu membawa perubahan signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang tinggi. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena tujuan utama penelitian adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana kepemimpinan visioner Kepala Madrasah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di madrasah Jenis penelitian deskriptif memungkinkan untuk menggambarkan fenomena secara detail, mengidentifikasi pola-pola, dan menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang ada. Hasil dari kepemimpinan visioner Kepala MAN 2 Banyuwangi dapat dilihat dari peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Capaian akademik siswa meningkat, tingkat partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler bertambah, dan keharmonisan lingkungan belajar semakin terjaga. Ini semua menjadi bukti nyata bahwa kepemimpinan yang visioner mampu menciptakan perubahan yang positif dan berkelanjutan dalam sebuah institusi Pendidikan

Author Biographies

Yurda Bakhtiar, Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi

Ainur Rofiq, Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

Ali Wafa, Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

Fatma Aslikhatul Amaliyah, Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi

References

Ahmad, Mappaenre. 2014. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kepemimpinan Diri Guru Dan Sekolah Efektif.” JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara) 12(4): 217–28. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/view/2211.

Alir, Diagram. 2005. “Metodelogi Penelitian.”

Amalia, Dina, and Umar Samsudin. 2022. “JALINAN KOMUNIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH.” AL Fikrah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:269820720.

Arsyam, Muhammad, and M Yusuf Tahir. 2021. “Ragam Jenis Penelitian Dan Perspektif.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2(1): 37–47.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2023. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(01): 1–9.

Habe, Hazairin, . Marsanuddin, and Annisa Carolina Natasya. 2022. “Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Organisasi Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) 7(2): 159–78.

Istanto, Istanto. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16(6): 1991.

Miftachul Choiri, Widya Agustin Ningrum; 2021. “Pentingnya Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Paguyuban.” AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1): 46–52.

Prastiwi, Meilinda Ade, and Agus Widodo. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Era 5.0, Pendidikan Dan Teknologi, Pada Kompetensi 21St Century.” PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(5): 536–44.

Prima, Kurniawan, Muhammad Giatman, and Ernawati Ernawati. 2021. “PENTINGNYA KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244604418.

Rachman, Ervin Aulia, Dita Humaeroh, Daris Yolanda Sari, and Agus Mulyanto. 2023. “Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2): 1024–33.

Roosinda, Fitria Widiyani et al. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Salasiah, Salasiah. 2022. “Kepemimpinan Inovatif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 1(2): 304–22.

Santika, I Gusti Ngurah. 2017. “Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis.” Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra 7(1): 1–11. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/898.

Suastika, I Ketut, Vivi Suwanti, Rosita Dwi Ferdiani, and Wahyudi Harianto. 2022. “Analisis Kepuasan Stakeholder Pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains Dan Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 1657–67.

Sucianti, Cita et al. 2024. “Analisis Kepemimpinan Visoner Untuk Mencapai Visi Misi Lembaga.” Jurnal Sains Riset 14(1): 186–94.

Takeran, Smpn, and Septeria Shinta Dewi N H. 2022. “Excelencia.” (1).

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles