Benteng Penguatan Spiritual Siswa di Era Modern : Eksistensi dan Implementasi Program Kegiatan Keagamaan di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v7i1.31916Keywords:
Spritual, Program, Kegiatan KeagamaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana evaluasi program kegiatan keagamaan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji keabsahan data, dan trianggulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian di SMP Swasta IRA Medan ini yaitu, dari perolehan data yang penulis temukan, program kegiatan keagamaan di SMP IRA terbilang sangat baik, karena dari beberapa program kegiatan keagamaan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan spiritual, dan religius siswa di sekolah, ada kegiatan baca tulis Al-Qur’an, Iqra’, praktik ibadah, shalat dhuha, kegiatan muhassabah dan malam ibadah, phbi, dan tadarus ramadhan, setiap program keagamaan memiliki penanggungjawab yang berbeda, kontribusi, kerjasama para guru dan siswa yang memberikan hasil yang baik untuk setiap program kegiatan keagamaan yang sudah diselenggarakan dalam membentengi spiritual siswa di sekolah. Dengan demikian, dari perolehan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa, hasil evaluasi yang diperoleh, penguatan spiritual siswa berhasil di laksanakan melalui program kegiatan keagamaan yang terus ditingkatkan oleh para guru di sekolah, harapannya siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.References
Abdul Ghoni Paturohman, N. (2022). Jurnal Impresi Indonesia ( JII ). Jurnal Impresi Indonesia, 1(1), 1–6.
Alviana, M., & Naelasari, D. (2022). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–86. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.423
Aman, M. (2021). Bahasa Arab Dan Bahasa Al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1). https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4256
Aziz, R. M. (2022). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dan Peduli Lingkungan Pada Siswa Smp Negeri 2 Salatiga. Al Ghazali, 5(2), 140–161. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v5i2.327
Basri, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan, Vol. 7(1), 44. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i1.1486
Bisman Ritonga; Ahamd Syahri Mubarak; Hasan Basri. (2023). Pendekatan Humanistik dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Murabbi, 8(2), 12. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.3046
Fajriatul Ismi. (2023). PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS MA’ARIF BEBANDEM KARANGASEM BALI. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 917–928. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/104
Hamdani, D., Miftah, E., Ulwyah, R., & Utami, W. (2021). Pengaruh Peringatan Hari Besar Islam Terhadap Santri Al-Munawwir. Procedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, November.
Imam Syafi’i dan Mardiyah. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA. Jurnal Keislaman, 6(1), 256–267. https://doi.org/https://doi.org/10.54298/jk.v6i1.3715
Kemenag Ri. (2019). Al-Qur’an Dan Terjemah Juz 20-30. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019.
Kemendikbudristek. (2021). Merdeka Belajar. Pemuda Belajar Merdeka.
Lenggono, W. (2021). Manusia dan Pendidikan (Dasar Pelaksanaan Pendidikan bagi Kehidupan Manusia). Jurnal Mahasantri, Vol. 1(2), 179.
Muhammad Nasib Ar Rifai. (1999). Tafsir Ibnu Katsir. Gema Insani.
Rahmawati, U., & Tengah, J. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 98. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/1332/1176
Samsul Hadi. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 1 Pacet Mojokerto. Nuansa, XIV(2), 179. file:///C:/Users/HP/Downloads/3515-8248-1-SM.pdf
Siti Nor Hayati. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640
Vianingsih, O. (2019). Penanaman Nilai-nilai Spiritual melalui Program Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 kudus. UIN Walisongo Semarang.
Wibowo, T. A., & Kanan, W. (2022). SKULA Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. 2, 2022.