Inovasi Pembelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah Lebaksiu: Integrasi Quizizz sebagai Media Interaktif

Authors

  • Averoes Aditya Pratama Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wage Wage Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sriyanto Sriyanto UMP

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v8i1.34199

Keywords:

Quizizz AI, Pengembangan Pembelajaran, Pembelajaran Al Islam

Abstract

Percepatan perkembangan teknologi saat ini telah memasuki segala bidang di kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, teknologi turut berperan aktif dengan adanya kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan Artificial Intellegence (AI). Banyakna jenis AI ini, salah yang digunakan sebagai media pembelajaran adalah Quizizz AI yang sebagaimana telah diterapkan di SMK MUHAMMADIYAH LEBAKSIU. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata disusun dalam kalimat. Jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Quizizz AI dapat dijadikan media pembelajaran yang memberikan kemudahan untuk pendidik dalam melakukan penilaian serta memberikan inovasi pembelajaran. Dengan tersedianya fasilitas fitur-fitur yang terdapat dalam Quizizz AI, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik.

Author Biographies

Averoes Aditya Pratama, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Mahasiswa

Wage Wage, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen

References

Al Ka’bi, A. (2023). Proposed artificial intelligence algorithm and deep learning techniques for development of higher education. International Journal of Intelligent Networks, 4, 68–73.

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

De la Vega Hernández, I. M., Urdaneta, A. S., & Carayannis, E. (2023). Global bibliometric mapping of the frontier of knowledge in the field of artificial intelligence for the period 1990–2019. In Artificial Intelligence Review (Vol. 56, Issue 2). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s10462-022-10206-4

Eraku, S. S., Baruadi, M. K., Anantadjaya, S. P. D., Fadjarajani, S., Supriatna, U., & Arifin, A. (2023). Digital literacy and educators of Islamic education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 569–576.

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187.

Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed. http://discovery.ucl.ac.uk/1475756/

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas media pembelajaran aplikasi quizizz secara daring terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Salam, M. Y., Mudinilllah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2738–2746.

Wiranto, E. B., & Suwartini, S. (2022). Artificial Intelligence and Trustworthy Principles in Global Islamic Education. Ushuluddin International Conference (USICON), 6, 64–87.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91.

Downloads

Published

2025-04-13

Issue

Section

Articles