Motivasi dan Lingkungan Belajar: Faktor Penentu Keberhasilan Siswa Kelas IX di SMP Budi Satria Medan

Authors

  • Linda Safitri Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Toni Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v7i3.35055

Abstract

Penelitian ini  ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX Di SMP Budi Satria Medan Pendekatan yang digunakan alam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh akari diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan statistic Penelitian ini bersifat asosiatif kasual yanng bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel bebas atau lebih terhadap variabel terkait, Penelitian ini akan dilaksanakan di Smp Swasta Budisatrya yang beralamat di Jl. Letda Sujono No. 166, Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung, Kota Medan Prov. Sumatrea Utara, populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 orang yang diambil dari 2 kelas yakni IX-1 dan IX-2, Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, dimana semua populasi yang berjumlah 63 orang di jadikan sampel, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regressi linier berganda, adapun hasil penelitian ini adalah  Dalam ini Motivasi Belajar bepengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar sebab nilai t hitung > t tabel (2.148>2.000) dan taraf signifikan 0.036 < 0.05. Dalam penelitian ini Lingkungan Belajar bepengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar sebab nilai t hitung > t tabel (2.139>2.000) dan taraf signifikan 0.029 < 0.05. Dalam penelitian ini secara simultan Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar  berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar sebab nilai f hitung > f tabel 12.330 > 3.15) dan taraf signifikansi sebesar 0.006 < 0.05

Author Biographies

Linda Safitri Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Toni Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles