Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v8i1.35998Keywords:
Peran Guru Pendidikan Agama Islam AkhlakAbstract
: Salah satu permasalahan yang terjadi pada masa sekarang ini adalah banyaknya remaja yang kurang terkontrol. Pada masa sekarang ini merupakan masa yang sangat rentan terjadi perbuatan menyimpang serta kenakalan yang terjadi di kalangan remaja mengakibatkan kurangnya kesadaran akan pentingnya akhlak dan budi pekerti. Oleh sebab itu untuk meminimalisir kenakalan yang terjadi dikalangan remaja maka perlu penguatan keyakinan serta penanaman kembali ajaran-ajaran agama. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana guru PAI membentuk akhlak siswa dan bagaimana siswa menghadapi kesulitan menerapkan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilangsungkan pada penelitian ini yakni penelitian lapangan. Penelitian lapangan (field research) yakni sebuah penelitian dilangsungkan dengan tersistem dengan data diangkat dari sumber lapangan yang ada. Guru PAI di SMK Negeri 6 Surakarta memiliki peran yang sangat strategis karena mereka bukan hanya mengajarkan mata pelajaran agama tetapi juga berfungsi sebagai contoh dan inspirasi bagi siswa untuk menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Guru PAI memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan kognitif tetapi juga memiliki akhlak yang mulia untuk menghadapi tantangan zaman.References
Akbar, Z. N.,&Azani, M.Z. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057-2068. (2024)
Alamsyah, M Farizal, Siti Sutiaawati, Ihsan Nulhakim, Alis Nuralisa, and Muhsin. “PAI Teachers’ Strategies in Developing the Religious Character Of Student at SMK Igasar Pindad Bandung.” Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 3, no. 3 (2024).
Aprilliana, M., Syadiah, A. R., & Wulandari, S. R. The Role of Islamic Religious Education Teachers and Parents in Shaping the Character of Students at Mika Bakti Ciparay Junior High School. International Journal of Research and Review, 11, 436-49.
Azani, M. Z. (2019). HM Rasjidi (1915-2001) On Morality and Its Relevance to Contemporary Discourse. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 3(1), 27-40.
Azizah, P. B., &Azani, M. Z. School Program Innovation in Boosting Student Moral Values and Achievement. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 348-362. (2023)
Hafidz, H., Cahyani, M. N., Azani, M. Z., & Inayati, N. L. Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 95-105. (2022)
Halima, R. A., Mustofa, T. A., & Azani, M. Z. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 15852-15861.
Khotimah, D. F. K., & Inayati, N. L. (2023). Strategi Pembinaan Karakter Islami Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 365-371.
Lickona, T. Character matters: how to help our childen develop good judgment, integrity and other essential virtues. New York: Toughstone. (2004)
Lisnawati, S. The habituation of behavior as students’ character reinforcement in global era. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413-428. (2016)
Maulidin, S., Rohman, M., Nawawi, M. L., & Andrianto, D. Quality management in improving competitiveness in the digital era at madrasa. Journal of Advanced Islamic Educational Management, 4(1), 57-70. (2024)
Maulidin, S., Munip, A., & Nawawi, M. L. Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa di SMA Al Irsyad Kota Tegal. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 157-167. (2024)
Naima, N., Yaumi, M., Nursyam, N., Elya, E., & Rahayu, F. Implementation of Islamic Religious Education Learning in Building Students' Social Attitude. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(1), 171-183. (2024)
Navae, M. F. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (2019).
Nawawi, M. L. Pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Pesantren Di Ma Unggulan Darul Ulum Jombang. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-17. (2022).
Nguyen, L. T., Kanjug, I., Lowatcharin, G., Manakul, T., Poonpon, K., Sarakorn, W., ... & Tuamsuk, K. How teachers manage their classroom in the digital learning environment–experiences from the University Smart Learning Project. Heliyon, 8(10). (2022).
Rosyidah, E. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di TPQ Al-Azam Pekanbaru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 180-189. (2020).
Sunardi, S., Kholik, C. K., & Mujahidin, M. Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Akhlakul Karimah pada Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 176-185. (2024).
Supriani, Y. Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 587-594. (2022)