Pengembangan Kurikulum Integratif: Al-Qur’an, Faraidh, dan Ilmu Sains/Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v8i1.36340Keywords:
Integrasi, Kurikulum, Al-Quran, Faraidh, Sains/TeknologiAbstract
Penelitian ini mengkaji pengembangan kurikulum integratif yang menggabungkan pembelajaran Al‑Qur’an, ilmu faraidh, dan ilmu sains/teknologi untuk meningkatkan kompetensi abad 21 di lingkungan pendidikan Islam. Pendekatan studi pustaka dan analisis wacana kritis digunakan untuk menyintesis literatur terkait, mengungkap model pembelajaran kontekstual berbasis problem-based learning dan penerapan computational thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tersebut berpotensi mengoptimalkan pemahaman nilai keislaman serta keterampilan matematis dan digital, sehingga menghasilkan lulusan yang unggul secara akademis dan memiliki akhlak mulia.References
Adams, R. (2021). Can artificial intelligence be decolonized? Interdisciplinary Science Reviews, 46(1–2), 176–197. https://doi.org/10.1080/03080188.2020.1840225
Adhiguna, B., & Bramastia, B. (2021). Pandangan Al-Qur’an Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 138. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57257
Bahri, W. S. (2025). Integrating Naqli and Aqli Science in Islamic Education : Toward a Comprehensive Learning Model. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 82–96. https://doi.org/10.18860/jpai.v11i2.31447
Khozin, Haris, A., & Asrori. (2021). Pengembangan Integrasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–57. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd
Lubis, M. A. (2015). Effective implementation of the integrated Islamic education. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 59–68. https://doi.org/10.7187/gjat792015.05.01
Mahabatillah, K., Erhamwilda, & Agustin, M. (2024). Analisis pengembangan kurikulum merdeka dan implementasinya. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 195–201. https://doi.org/10.29313/ga
Muhsin, M. A. (2022). Korelasi Sains Dan Teknologi Dalam Studi Islam. Risalah, 8(2), 826–837. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.18.4
Mujayyid, A., Tsanawiyah, M., & Sentul, L. (2024). Integrasi Ilmu Faraidh Ke Dalam Matematika Materi Bilangan Pecahan Jenjang Smp / Mts. Golden Age:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 345–355.
Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S., Sari, I. P., Firmansyah, F. H., & Rinjani, D. (2023). Pengenalan Computational Thinking Dalam Menghadapi Kurikulum Dengan Pembelajaran Abad XXI Bagi Guru Sekolah Dasar. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12(2), 1–23.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1), 80–90. https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407
Pribadi, R. A., Dzambiyah, A., Putri, A. O., & Rahmatin, V. S. (2024). Integrasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Persis. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 12. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.33821
Rizki, A. M., & Lessy, Z. (2024). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5298–5302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476
Rozikin, A. Z., & Asror, A. (2024). Mendamaikan Agama Dan Sains : Telaah Pemikiran Teori Quantum Nidhal Guessoum. Instructional Development Journal (IDJ), 555–567.
Sahed, N., Sumadi, E., & Rangkuti, S. S. (2018). Pendekatan Rasional-Religius Dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(01), 54. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v15i01.1138
Siregar, A., Haliza, S. N., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2022). Pendidikan Sains Dalam Al-Qur’an. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(2), 49. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.13974
Siron, Y. (2024). Integrating Islamic Values Into STEM Education: Perspectives From In-Service And Pre-Service Early Childhood Educators. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.
Sugiyono, S., & Iskandar, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 127–144. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Sulistyo, A., Suyadi, S., & Wantini, W. (2021). Problematika Pembelajaran Ilmu Faraidh di Tingkat SLTA Serta Alternatif Solusinya. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.3288
Syafiqah Lubis, I., Ritonga, A. A., & Darlis, A. (2023). Kajian Pendidikan Teknologi dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Instructional Development Journal (IDJ), 5(3), 179–189. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898
Zainiyati, H. S. (2014). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif. Nadwa, 8(2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/583/530