Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok

Authors

  • Musa Thahir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zubaidah Amir MZ Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7866

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Pendekatan Reciprocal Teaching, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang mendasar dalam proses pembelajaran dan salah satu tujuan dari materi yang disampaikan oleh guru. Namun, salah satu masalah yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang dikemas dalam bentuk soal yang lebih menekankan pada pemahaman  konsep suatu pokok bahasan tertentu. Melihat permasalahan tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan reciprocal teaching. Artikel ini menggunakan model penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di MAN Kuala Enok dengan jumlah sampel 50 siswa. Data yang diperoleh terkumpul melalui teknik tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan uji t yang tidak berkorelasi. Artikel ini memberikan informasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Model Penilaian Kelas, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas Dirjen Pendasmen. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat Pendidikan.

Fitriza, Rozi. 2009. Penilaian Berbasis Kelas (Classroom Assesment) dalam Pembelajaran Matematika. Dipresentasikan dalam seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau Pekanbaru.

Hariani, Mimi. 2010. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Program Studi Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. (tidak diterbitkan)

Intan, Dewi Mahabbah. 2007. Model Pembelajaran Posing Tipe Post Solution Posing untuk Mengajarkan Pemahaman Konsep Matematika Pokok Bahasan Bangun Segi Empat Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri I Balapulang Tegal. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. (tidak diterbitkan)

Muslich, Masmur. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugioyono. 2007. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thahir, Musa. 2012. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MAN Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (tidak diterbitkan)

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles