Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Bangkinang Seberang
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7869Keywords:
Aktivitas Belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode DiskusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Konsep Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah Mengenal rasul Allah SWT, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan Aktivitas Belajar . Aktivitas Belajar sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 49,23 ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 53,71%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 62,62 hal ini menunjukan bahwa melalui Metode Diskusi Terpimpin Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.References
Anas Sudjono, (2004), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhammad Ali, (1987), Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Muhammad Daud Ali, (2006), Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Mulyasa, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Nana Sudjana, (1989), CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru: Bandung.
Rahmayulis, (2002), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalamulia.
Ramayulis, (1994), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Roestiyah, (2001), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto, (2002), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta