Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Team Quiz Pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru

Authors

  • G. Gustiani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • K. Kusnadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7873

Keywords:

Keaktifan Belajar Sisw, Pendekatan Team Quiz, Materi Kegiatan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Team Quiz pada materi kegiatan ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru. Silbermen menjelaskan bahwa Team Quiz ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak mengancm atau tidak membuat mereka takut. Dari penerapan metode ini diharapakan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 1 Pekanbaru dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata 58,5% dengan kategori tinggi karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 75,7% dengan kategori tinggi karena masih berada pada rentang 56%-75%. Artinya penelitian ini dikatakan berhasil, karena telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (70%).

References

Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Hartono, dkk, PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif dan Menyengkan, Pekanbaru: Zanafa, 2008

Hartono, Strategi Pembelajaran, Pekanbaru: LSFK2P, 2006

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2007

Oermar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda. 2004

Poerwadaminta, S.J.W. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1985

Silbermen, Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif), Bandung: Nusa Media, 2006

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 1998

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles