Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Team Quiz Pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7873Keywords:
Keaktifan Belajar Sisw, Pendekatan Team Quiz, Materi Kegiatan EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan Team Quiz pada materi kegiatan ekonomi di Kelas V MIN 1 Pekanbaru. Silbermen menjelaskan bahwa Team Quiz ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak mengancm atau tidak membuat mereka takut. Dari penerapan metode ini diharapakan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 1 Pekanbaru dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata 58,5% dengan kategori tinggi karena berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 75,7% dengan kategori tinggi karena masih berada pada rentang 56%-75%. Artinya penelitian ini dikatakan berhasil, karena telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (70%).References
Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Hartono, dkk, PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif dan Menyengkan, Pekanbaru: Zanafa, 2008
Hartono, Strategi Pembelajaran, Pekanbaru: LSFK2P, 2006
Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2007
Oermar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda. 2004
Poerwadaminta, S.J.W. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1985
Silbermen, Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif), Bandung: Nusa Media, 2006
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 1998