Respons Siswa Terhadap Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Dalam Layanan Bimbingan Konseling

Authors

  • Fania Frisca Afindra UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Amirah Diniaty UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Keywords:

Respons, Pusat Informasi dan Konseling Remaja, Bimbingan Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap Pusat Informasi dan Konseling Remaja dalam Layanan Bimbingan Konseling di SMPN 9 dan SMPN 20 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari seluruh pengurus PIK R di SMPN 9 dan SMPN 20 Pekanbaru dan Guru Bimbingan Konseling di SMPN 9 dan SMPN 20 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk narasi untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pelaksanaan PIK R di SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 20 Pekanbaru sudah cukup berjalan dengan baik 2) guru BK dan siswa mempunyai respons positif terhadap keberadaan PIK R di SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 20 Pekanbaru, karena keberadaan PIK R membawa manfaat bagi guru BK dan siswa.

References

Alfajriani, E. (2017). Promosi Pogram Generasi Berencana bagi Kalangan Generasi Muda di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. 6089-6103.

Dini Rakhmawati. 2018. Analisis Permasalahan PIK R Kota Semarang dalam Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan. Semarang : Universitas PGRI Semarang,.

Geldard, K. (2012). Konseling Remaja Intervensi Praktis bagi Remaja Beresiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indra Wirdhana dkk. (2012). Tentang Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Remaja. Jakarta Timur: Balai Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Masri Muadz. 2009. Panduan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Jakarta: BKKBN.

Pratiwi Ningsih dkk. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Remaja Putri untuk Mencegah Seks Pranikah. 563.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfa Beta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: PT Rajawali Press.

______. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-12-19