Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Arghob Khofya Haqiqi Program Studi Tadris IPA Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap penerapan kurikulum 2013 melalui analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru IPA di SMP Kartika III-2 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis yang telah dilakukan pada RPP yang ditelaah, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik dalam aspek perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam RPP. Semua komponen telah tercantum dalam RPP. Guru juga antusias dan berusaha menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa hambatan yang harus diperbaiki terutama pada bagian pemilihan materi ajar.

References

Agustiyana, D & Widodo, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri Banaran 1 Kertosono. Jurnal Maha Peserta Didik Teknologi Pendidikan Universitas Surabaya, 2(2): 3-9.

Depdiknas. (2007). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Fogarty, Robin.(1991).The Mindful School: How To Integrate The Curricula. Palatine, Illinois: IRI/Skylight Publising. Inc.

Gerde, H.K. (2013). Using the Saintifik Method to Guide Learning: an Integrated Approach to Early Childhood Curriclum. Early Childhood Education Journal, 41(5): 315-323.

Hapsari, D.Y. (2015). Kemampuan Rata-rata Guru dalam Mengembangkan, Mengimplementasikan dan Mengevaluasi Kurikulum 2013. Indonesia Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1): 22-28.

Krissandi, A.D.S & Rusmawan. (2013). Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3): 457-467.

Turpin, T & Cage, B. (2004). The Effect of Integrated, Actifity-Based Science Curriculum on Student Achievement, Science Process Skills and Science Attitudes. Electronic Journal of Literacy through Science. Volume 3

Wikanengsih, dkk. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Terhadap RPP yang disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). P2M STKIP Siliwangi. 2 (1), 106-1

Winny Liliawati, dkk. (2014). Analisis kemampuan inkuiri siswa smp, sma dan smk dalam penerapan levels of inquiry pada pembelajaran fisika. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. 6 (2), 34-39.

Downloads

Published

2019-05-20

How to Cite

Haqiqi, A. K. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110

Issue

Section

Articles