Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di TK Islamic Center Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9407Abstract
Strategi mempunyai peranan penting dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan di TK Islamic Center Surabaya. Fokus penelitiannya adalah “Bagaimana strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK Islamic Center Surabaya?”. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Utk pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK Islamic Center Surabaya yang dilaksanakan sudah mencakup tiga kegiatan yaitu kegiatan rutinitas, kegiatan integrasi dan kegiatan khusus. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan strategi bercakap-cakap, bercerita dan hafalan do’a-do’a maupun surat pendek.
References
Agusniatih, Andi & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini:Teori dan Metode Pengembangan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Anwar dkk, S. S. (2020). Pendidikan Al-quran:KH. Bustani Qadri. Indragiri hilir: Indragiri.
Dwi, H. (2015). Penanaman Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini di RA Tahfidz Alqur’an Jamilurrahman Banguntapan Bantul. UIN Sunan Kalijaga.
Hafid dkk, H. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Budi Utama.
Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-kanak. Ta’dib, V, No. 1.
Hidayat, O. S. (2018). Materi Pokok Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik:Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Respatiningrum, D. (2015). Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral di Tarbiyatut Atfal Al Islamiyyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak. Depok: Kencana.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Banuung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini:Stimulasi dan Aspek Perkembangannya. Jakarta: Kencana.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bandung: Nila Cakra.
Woolfson, R. (2004). Mengapa Anakku Begitu. Jakarta: Erlangga.
Zainal, A. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: Yrama Widya.