Pengembangan Perusahaan Menggunakan Diagnostik Open System
Abstract
Pengembangan perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan permasalahan yang terjadi sehingga dapat memetakan dinamika permasalahan di PT BM Persero, kemudian memberikan saran intervensi sesuai dengan permasalahan yang prioritas. Partisipan atau responden ditujukan pada 10 karyawan yang mewakili masing – masing golongan, teknik pengambilan responden menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen yang dibuat berdasarkan komponen – komponen desain tingkat organisasi (Cumings,2015). Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan temuan masing-masing instrument terintegrasi. Bedasarkan hasil assesment dan rumusan permasalahan terdapat beberapa masalah yang menghambat perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya, yang paling signifikan permasalahannya adalah karyawan merasa kurang puas terhadap sistem carrier path di perusahaan, karena sistem carierr path yang terdapat diperusahaan masih belum tepat guna. Model diagnostic memberikan pemahaman dalam mengidentifikasi kondisi perusahaan, kemudian masalah yang teridentifikasi adalah melakukan intervensi berupa pemetaan kembali career lattice Perusahaan, untuk meningkatkan karir, memberikan kesempatan dan keleluasaan untuk beralih peran pekerjaan secara keseluruhan dan melakukan perpindahan lintas fungsi ke peran yang berbeda yang tidak memerlukan naik ke tingkat atau posisi yang lebih tinggi atau bahkan pada tingkat atau posisi yang sama (Cathy Benko & Molly Anderson De Joitte, 2010)References
Annual Report PT BM (Persero) tahun 2018
Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization development & change (15. Aufl.). Stamford: Cengage Learning
Dessler, G. (2013). Fundamentals of human resource management. Pearson.
Hardiyansyah, H., Sumantri, A., Zaitun, A., Mellita, D., & Mukran, M. (2019). Analisis Pengembangan Organisasi Pelayanan Publik melalui Proses Diagnosa dan Intervensi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(1)
Harrison, M. I. (2004). Diagnosing organizations: Methods, models, and processes (Vol. 8). Sage Publications
Hasan, B. (2002). Manajemen Industri. Pustaka Ramadhan.
Hidayat, R. (2013). Pengaruh kepemimpinan terhadap komunikasi, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi pada industri perbankan. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1)
HR Inteligence Report (2008)
Ilhami, Y (2017) Implementasi nilai-nilai corporate culture pada karyawan Bank BJB Syari’ah KCP Ciputat Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi).
Janićijević, N. (2010). Business processes in organizational diagnosis. Management: journal of contemporary management issues, 15(2)
Luthans, Fred (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. PT. Andi: Yogyakarta
Mania, S. (2017). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(2)
Munandar, A. S. (2008). Psikologi industri dan organisasi. Universitas Indonesia (UI-Press).
Poerwandari, E. K. (2009). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Posangi, H. A., Lengkong, F., & Dengo, S. (2020). Komunikasi Dalam Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Dilakukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Administrasi Publik
Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT BM (Persero) 2015-2019
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat
Said, M. U. (2007). Kepemimpinan: Pengembangan organisasi, team building dan perilaku inovatif. UIN-Maliki Press.
Sjafruddin, A. (2013). Pembangunan Infrastruktur Transportasi untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Ilmu Pengetahuan. Makalah. Bandung: Institut Teknologi Bandung, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.
Sunyoto, D. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Caps.
Suprayogi, Ugi (2011) Konsep Dan Teori Administrasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sutrisno, H. E. (2013). Budaya organisasi. Prenada Media.
Thoha, M. (2002). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Tinjauan Manajemen PT BM (Persero) ke-56 tahun 2018
Wijono, S. (2010). Psikologi industri & organisasi. Kencana