Dukungan Guru dan Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Pekanbaru?

Authors

  • Yola Komalasari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Reni Susanti universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Desma Husni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Cipto Hadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Resiliensi Akademik, Dukungan Guru, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Siswa sekolah menengah kejuruan memiliki tuntutan akademik yang khas dan dapat mempengaruhi resiliensi akademiknya. Salah satu faktor lingkungan yang dapat menstimulasi berkembangnya resiliensi akademik siswa adalah guru.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dukungan guru dan resiliensi akademik siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 170 orang siswa SMK Y, yang dipilih menggunakan teknik two stage cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik dan skala dukungan sosial. Kedua skala memiliki reliabilitas yang baik yaitu 0,914 dan 0,887. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,512 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01). Dapat disimpulkan bahwa dukungan guru memiliki hubungan positif dengan resiliensi akademik. Dengan demikian dengan mengoptimalkan dukungan dari guru  akan dapat meningkatkan resiliensi akademik siswa

Published

2025-05-31