ANALISIS KUALITAS LAYANAN PORTAL AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL PADA FKIP UNIVERSITAS RIAU
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13062Abstract
Sistem Informasi Portal Akademik telah diterapkan di FKIP Universitas Riau sejak tahun 2009. Namun dalam penerapan Portal Akademik ini masih ditemukan masalah yang terjadi yaitu masih kurang update informasi pada portal akademik, sulit loading dan terjadinya error pada sistem, dan tingkat keamanan pada sistem masih kurang dan lamanya waktu proses penyelesaian keluhan atau masalah mahasiswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Portal Akademik dengan menggunakan metode E-Servqual. Penelitian ini menggunakan metode E-Servqual (Service Quality Electronic) dengan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai gap} perdimensi yang bernilai negatif yaitu dimensi efficiency gap bernilai (-0,54), dimensi reliability yaitu (-0,43), dimensi responsiveness yaitu (-0,39) dan dimensi privacy yaitu (-0,23). Nilai TESQ yang diperoleh adalah (-0,62) dengan hasil negatif yang berarti layanan yang diberikan oleh Portal Akademik saat ini dikatakan belum memuaskan dan hasil pengolahan data responden diperoleh nilai CSI yaitu 0,89 (89\%) maka nilai CSI berada pada kriteria 0,81-1,00 yang berarti mahasiswa/i merasa puas dengan layanan portal akademik saat ini.
Kata Kunci: CSI, E-Service Quality, Portal Akademik, TESQReferences
Andika, F. (2018). E-service quality sebagai pendorong customer satisfaction serta dampaknya terhadap word of mouth dan repurchase intention (studi pada: Traveloka indonesia) (Unpublished doctoral dissertation). STIE Indonesia Banking School.
Angraini, A., dan Hermaini, N. (2018). Analisis kualitas layanan opac terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan metode e-servqual. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 67–72.
Arpan, A., Santi, R., dan Fadilah, E. (2017). Analisis kualitas layanan pegadaian application support system integrated online (passion) menggunakan metode service quality (servqual). JUSIFO, 3(2), 103–110.
Astuti, D., dan Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44–49.
Aulianto, D. R. (2012). Pengaruh penerapan sistem informasi akademik terhadap kualitas layanan akademik mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro. PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Deo, P. G., Sanjaya, R., dan Gandajaya, L. (2017). Analisis kualitas layanan lazada dengan menggunakan metode e-servqual dan ipa. JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS STUDIES, 2(2).
Fanny, F., dan Raditya, A. (2014). Designing branding for pink beach destinations in east lombok regency. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.
Indriani, D. (2013). Pengaruh service quality terhadap loyalitas pasien df clinic bandung: Survei terhadap pasien program one stop service df clinic cabang leumah neundeut bandung (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".