STUDI KELAYAKAN PENERAPAN E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13166Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan sistem e-learning schoology dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif siswa. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-learning schoology pada kelompok eksperimen dan penerapan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan posttest untuk belajar hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian pertama, Penerapan e-learning Schoology pada mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru layak diterapkan. Diperoleh Dari hasil uji n-gain kelas eksperimen sebesar 65,43% lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 37,22%. Kedua, Berdasarkan hasil uji t-tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan E-learning Schoology dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".