ANALISIS KUALITAS LAYANAN INTEGRATED LIBRARY SISTEM (INLIS) LITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.16246Abstract
Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Kampar menerapkan Sistem Informasi Integrated Library System (INLIS) Lite sejak tahun 2014. Pada sistem OPAC masih terdapat kesalahan dan keluhan dari pemustaka. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada penerapan layanan OPAC maka digunakan metode Libqual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan OPAC. Subjek penelitian ini adalah pengunjung yang datang langsung ke perpustakaan yang menggunakan OPAC pada Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis perhitungan libqual. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, menyebarkan kuesioner dan kembangkan mengikuti metode libqual. Berdasarkan analisis skor Adequacy Gap (AG) menunjukkan skor positif 0,1, berarti bahwa layanan yang diberikan telah memenuhi harapan minimum pengunjung "cukup puas" terhadap layanan yang diterimanya. Sedangkan skor Superiority Gap (SG) menunjukkan skor menunjukkan skor negatif -2,48, berarti menunjukkan bahwa kualitas layanan sistem informasi Integrated Library system (INLIS) Lite dinilai "Baik", berada pada "batas toleransi/zone of tolerance", dimana kualitas layanan berada diantara tingkat harapan ideal.
Kata Kunci: Analisis Kepuasan Pemustaka, Libqual, Perpustakaan
References
. Ardiansyah, I. (2018). Pengaruh kualitas website traveloka terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode webqual. Dalam National conference of creative industry.
. Arifah, F. N., Rosidi, A., dan Al Fatta, H. (2013). Evaluasi kepuasan pelayanan pengguna aplikasi opac perpustakaan stmik amikom yogyakarta. Creative Information Technology Journal, 1(1), 46–56.
. Dalimunthe, N., dan Sartika, D. (2016). Analisis kualitas layanan sistem informasi inlis lite menggunakan metode libqual (studi kasus: Badan perpustakaan dan arsip kota pekanbaru). Jurnal Sains dan Teknologi Industri, 13(2), 211–217.
. Dewa, C. K. (2010). Aplikasi manajemen portfolio menggunakan model mean absolute deviation (mad) dan algoritma titik interior. KATA PENGANTAR, 1.
. Dewi, A. O. P. (2018). Pencarian katalog dalam online public access catalog menggunakan boolean logic. Anuva, 2(3), 291–298.
. Fatmawati, E. (2012). Evaluasi kualitas layanan perpustakaan feb undip berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka dengan metode libqual. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 1–18.
. Fatmawati, E. (2013). Mata baru penelitian perpustakaan dari servqual ke libqual+. Sagung Seto.
. Haryanto, R., Winoto, Y., dan Rohman, A. (2012). Kualitas layanan perpustakaan fakultas teknologi industri pertanian (ftip) unpad berdasarkan harapan dan persepsi mahasiswa. Students e-Journal, 1(1), 24.
. Manik, A., Salamah, I., dan Susanti, E. (2017). Metode webqual 4.0 untuk evaluasi kualitas website politeknik negeri sriwijaya. Prosiding SNATIF, 355–361
. Primadani, L., dan Ati, S. (2014). Studi kelayakan pengadaan layanan readers’advisory for fiction di upt perpustakaan daerah jawa tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3(2), 131–140.
. Rohman, F., dan Kurniawan, D. (2017). Pengukuran kualitas website badan nasional penanggulangan bencana menggunakan metode webqual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(1),31–38.
. Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif kuantitatif dan rd. Alfabeta..
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".