ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE EUCS DALAM PENGGUNAAN SIASY FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.18487Abstract
Siasy merupakan salah satu website yang digunakan untuk pengurusan surat menyurat dengan media online. Pada website tersebut mahasiswa dapat melakukan pengurusan surat dengan tanpa harus datang kekampus. Dalam pengoperasiannya, ada sejumlah permasalahan dirasakan oleh mahasiswa yang menarik minat peneliti untuk mengadakan penelitian tentang kepuasan mahasiswa terhadap siasy. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau yang tujuannya untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan model EUCS. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin responden penelitian ini banyak 99 mahasiswa. Analisis proses data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh yakni Content (CON), Ease Of Use (EAS) dan Timeliness (TIM) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sedangkan Accuracy (ACC), Format (FOR) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Kata Kunci: End-User Computing Satisfaction, PLS-SEM, SiasyReferences
REFERENSI
W. Wardiana, “Perkembangan Teknologi Informasi di IndonesiaBondy, Brigitta Klages, Ute Müller-Spahn, Franz Hock, Christoph,” Eur. Arch. Psychiatry Clin. Neurosci., vol. 243, no. 5, pp. 224–228, 2002, doi: 10.1007/BF02191578.
H. T. Sitohang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant. Vol. 3 No 1 Maret 2018 e-ISSN 2541-3724, vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2018.
G. Farell, H. K. Saputra, and I. Novid, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp),” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 56–62, 2018.
Wijaya and Suwastika, “Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” Konf. Nas. Sist. Inform. 2017, pp. 558–562, 2017.
F. Arifin and T. Herman, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa,” J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, pp. 1–12, 2018.
K. Ramani, “A management information
system to plan and monitor the delivery of health‐care services in government hospitals in India,” J. Health Organ. Manag., vol. 18, no. 3, pp. 207–220, Jan. 2004, doi: 10.1108/14777260410548446.
ROSALINA, “Pengujian Kepuasan Sistem Informasi Menggunakan END-USER COMPUTING SATISFACTION STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA,” Вестник Росздравнадзора, vol. 6, pp. 5–9, 2017.
N. Dalimunthe and C. Ismiati, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) DENGAN METODE EUCS ( Studi Kasus : Perpustakaan UIN SUSKA Riau ),”
J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Infor, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2016.
N. Rachmat Agusli, Lilis Sakuroh, “Perancangan Sistem Informasi Kesehatan (Puskesmas Keliling) Berbasis Web,” Sisfotek Glob., vol. 6, no. 9, p. 48, 2016.
B. Luankali, “Analisis kebijakan publik dalam proses pengambilan keputusan,” Anal. Kebijak. publik dalam proses pengambilan keputusan, 2007.
R. Mcleod and S. George, “Management Information System, 10th,” New Jersey Inc,. Up. Saddle River, 2007.
G. Armstrong, P. Kotler, and G. Da Silva, Marketing: An Introduction: An Asian Perspective. Pearson/Prentice Hall, 2006.
Suryani, “Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi.” pp. 1–326, 2015.
S. Yamin and H. Kurniawan, “Generasi baru mengolah data penelitian dengan partial least square path modeling,” Jakarta: Salemba Infotek, 2011.
A. Monecke and F. Leisch, “SemPLS: Structural equation modeling using partial least squares,” J. Stat. Softw., vol. 48, 2012, doi: 10.18637/jss.v048.i03.
I. Ghozali and H. Latan, “Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris,” BP Undip. Semarang, 2015.
M. B. Suryawan and P. Prihandoko, “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 3, p. 233, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i3.113.
A. H. Witno Vita Sari, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan E-Office BAK di portal.unp.ac.id Menggunakan EUCS (End User Computing Satisfation),” J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 2, 2021.
H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking,” Jtsi, vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".