WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis Untuk Analisis Kualitas E-Learning ELERA
DOI:
https://doi.org/10.24014/rmsi.v10i2.28402Abstract
E-learning merupakan platform pembelajaran elektronik yang menjadikan mahasiswa ataupun peserta didik dapat belajar secara daring tanpa dibatasi tempat dan waktu. Mahasiswa STMIK El Rahma Yogyakarta telah memanfaatkan e-learning (ELERA) untuk melihat dan mengunduh tugas yang diberikan oleh dosen, baik sebelum, terlebih pada saat pandemi Covid-19. Begitu juga, pada saat pandemi berakhir, e-learning masih digunakan untuk membantu proses pembelajaran dari beberapa mata kuliah. Selama penggunaan dari ELERA, belum diketahui apakah sudah memenuhi kebutuhan pengguna, dan seberapa tingkat kepuasan dari pengguna terhadap ELERA. Studi ini dilakukan karena kualitas website perguruan tinggi sangat penting untuk manajemen informasi. Penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). Metode ini dipilih karena merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat kualitas dari website. Selama 3 minggu masa pengumpulan data, 106 responden yang menjadi sampel dikumpulkan. Studi ini menggunakan indikator WebQual 4.0, yang terdiri dari 22 pertanyaan dan dibagi menjadi 3 dimensi berdasarkan variabel WebQual 4.0. Analisis instrumen dilakukan menggunakan program IBM SPSS 24. Hasilnya, setiap variabel dalam model tersebut terbukti mempengaruhi tingkat kepuasan dari pengguna. Kualitas Layanan, Interaksi dan Kualitas Informasi, dan Usability adalah variabel dengan nilai tertinggi dalam menentukan kepuasan pengguna web e-learning. Semua variabel ini harus ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna.
References
N. Achmad, H. Hafizah, D. Hartanti, and H. Prayitno, “Pelatihan Pembuatan Website Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Bagi Siswa Di SMK Galajuara Bekasi,” J. Comput. Sci. Contrib., vol. 1, no. 2, pp. 111–118, 2021, doi: 10.31599/jucosco.v1i2.592.
W. Kurniawan, M. Affandes, N. Safaat H, and T. Darmizal, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Servqual,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 2, p. 493, 2022, doi: 10.35889/jutisi.v11i2.890.
A. Rachmawati and E. F. Rusydiyah, “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 5, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.35316/jpii.v5i1.223.
B. Yusuf, F. Insani, M. Affandes, N. Yanto, and T. Darmizal, “Analisis Tingkat Kualitas E-learning menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 108–114, 2023, doi: 10.29408/edumatic.v7i1.14059.
R. K. Azmi, E. Krisnanik, and A. O. Indarso, “… Kualitas Website E-learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance …,” Senamika, no. April, pp. 353–362, 2021, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1374
F. Rohman and D. Kurniawan, “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BADAN NASIONALPENANGGULANGAN BENCANA MENGGUNAKAN,” vol. 3, no. 1, pp. 31–38, 2017.
R. W. Kosaman, I. H. Sumitro, and R. Sulistyowati, “Penggunaan Metode Webqual 4.0 Untuk Penilaian Kualitas Situs Webeli.Com Dalam Upaya Pengembangan Situs,” Sigma-Mu, vol. 10, no. 2, pp. 1–16, 2018, doi: 10.35313/sigmamu.v10i2.1225.
I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, p. 300, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.
S. Sa`uda and N. Sopiah, “Penerapan Metode Webqual Dalam Pengukuran Kualitas Layanan Website Perguruan Tinggi,” Pros. SNaPP 2014 Sains, Teknol. dan Kesehat., no. 4, pp. 419–426, 2014.
H. B. Kusuma, Suprapto, and H. M. Az-Zahra, “Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2344–2353, 2019.
A. A. Ihsan, U. Hidayati, and M. Mardinawati, “Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” Keunis, vol. 10, no. 2, p. 29, 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i2.3519.
S. Susanto and E. Simanjuntak, “Intensi Social Loafing pada Tugas Kelompok Ditinjau dari Adversity Quotient pada Mahasiswa,” J. Exprientia , vol. 3, no. 1, pp. 33–45, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INFORMATION FOR RMSI JOURNAL AUTHORS
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi The journal is published twice a year, in February and August, under the Department of Information Systems at UIN SUSKA RIAU
The Purpose of Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi iis to provide a platform for publishing research results from various parties and to accommodate various fields of science.
Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi accepts articles that have not been previously published.
The Language used in Jurnal Ilmiah Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi is English and Indonesian
The Guidelines for Authors The manuscript must follow the format/template provided by the editor. All instructions regarding font and size for the title, author's name, affiliation, email, abstract, keywords, content, and references are outlined in the template. The template can be downloaded on the The website .
"The Submission of Manuscripts in softcopy can be sent through a website in the form of a file with the .docx extension (xxxxxx.docx) and NOT in the form of a Portable Document File (PDF). The editor has the right to edit the manuscript for the purpose of improvement and layout setting, without changing the essence of the writing. For significant improvements, the editor will request correction from the author.
The Review will be conducted for all incoming manuscripts. The results of the review will be communicated to each author within 1 (one) month from the submission of the manuscript to the editor.
"The Copyright and Originality of each paper/article to be published will be requested from all authors by including a "Statement Letter Form".